Tuesday 8 April 2014

nih...personal branding!

hari minggu biasanya menjadi hari yang paling berharga bagi orang yang berada di tengah kepadatan kota besar. gak boleh dilewatin nih, kalo bukan buat rekreasi (liburah) yah setidaknya bed rest lah, bobok cantik dengan kasur empuk nan lebar. tapi mungkin itu gak terjadi ke gue hari minggu kemarin. biasanya "mesti" bermimpi indah di pagi-siang hari, malah mesti balik ke Jakarta (dari bogor) buat ikutin acara launching bukunya mbak dewi haroen, "personal branding".


acaranya sih jam setengah 3, cuma kalo dari tempat abang gue, asrama batalyon 23 kopassus di kemang, mesti jalan mulai jam 11, itu pun udah antisipasi macet ke arah stasiun bogor, karena mesti tepat waktu donk sebagai blogger. emang gile ya macetnya di bogor, padahal gak ada apa-apa tetep aja macet. angkotnya sih dipenuhin, tuh masjidnya mestinya yang dipenuhin.

dan eng ing eng, sampe di stasiun bogor jam setengah 1 (gile banget kan, jarang yang cuma sekitar 10 km ditempuh dalam waktu satu jam setengah). oh ya, itu udah termasuk solatnya di pinggir jalan*maksudnya masjid pinggir jalan. perjalanan pun, Alhamdulillah lancar, gak terlalu rame kayak hari-hari kantor biasanya, akhirnya buat gue bisa tenang buat tidur di perjalanan KRL commuter line tujuan jakarta kota ini.

asyiknya tidur, kebangun pertama di stasiun kalibata. "ohhh...masih kalibata, cikini masih beberapa stasiun lagi, tidur bentar lagi ah". beberapa saat kemudian nyampe di stasiun gondangdia. "ohhh...udah di gondangdia, satu stasiun lagi cikini". kalem banget kayaknya mikirnya ya. abis itu tiba-tiba gue inget, "loh ini kan mau ke jakarta kota, kalo dari bogor cikini udah kelewat donk?" dengan mata yang sayu-sayu ditambah keresahan karena jam udah nunjukin pukul 14.04, gue mesti mikirin cara tercepat (plus termurah) buat sampe ke toko buku gramedia matraman. abis puter balik dari stasiun juanda ke cikini, terus naik kopaja 502, untung aja kopajanya sampe ke depan gramed.

acara yang berlangsung di lantai 2 salah satu toko buku terbesar di indonesia ini pun berjalan meriah. belum masuk aja, wartawan rame banget menuhin tempat registrasi yang ternyata lagi wawancarain prof. hamdi muluk, yang secara gak sengaja gue nonton wawancaranya di salah satu stasiun tv nasional pas malemnya. yang dibahas? pastinya seputar politik yang lagi panas.
wawancara hamdi muluk, personal branding, dewi haroen
prof. hamdi muluk yang lagi diwawancarai

abis register, gak lupa ambil secangkir kopi plus snack, cari tempat duduk dan makan dengan lahap. maklum, laper udah lari-larian dari tadi. untung aja acaranya belum dimulai. sekitar setengah jam kemudian, baru deh dibuka sama sambutan-sambutan gitu, sekalian peresmian peluncuran bukunya mbak dewi haroen yang berjudul "personal branding" bersama pihak dari gramedianya.
wawancara hamdi muluk, personal branding, dewi haroen, gramedia matraman
peresmian peluncuran buku personal branding secara simbolis
buat yang belum pada tahu nih, buku "personal branding" punya mbak dewi haroen ini berisi tentang kiat sukses untuk "memperkenalkan" diri lebih baik dalam dunia politik. inget ya, politik. emang sih, kebanyakan katanya isinya tentang psikologi-psikologi gitu, soalnya kan latar belakang penulisnya juga yang merupakan alumni psikologi UI.
"latar belakang menulis buku ini sih agak sepele ya. orang yang tes PNS, ABRI atau perusahaan multinasional seperti astra misalnya itu sulit banget. gak cuma sulit tapi butuh biaya banyak, lama dan butuh belajar yang banyak. beda ama nyaleg, mereka siapa, entah datang darimana tiba-tiba pengen bilang "pilih saya". kayaknya instan banget ya pengen jadi wakil rakyat. nah, itulah yang buat rakyat biasa EGP ama para caleg." dalam kesempatan itu, mbak dewi juga menambahkan "orang sih bilangnya buku saya ini telat yah, seharusnya diluncurkannya beberapa bulan sebelum pemilu, biar orang yang pada nyaleg juga paham bagaiamana mereka bisa membrand diri dengan baik, gak cuma politik instan. tapi gak apa-apalah, ini buku juga buat yang pengen nyaleg di 2019."

abis sambutan awal dari mbak dewi dilanjutin dengan diskusi bareng 3 narasumber lainnya, yaitu pak din syamsudin (ketua MUI), prof. hamdi muluk (guru besar psikologi UI), dan dwiki dharmawan (musisi). yah walaupun pak abraham samad gak bisa dateng sih, cuma ambil hikmahnya aja.
wawancara hamdi muluk, personal branding, dewi haroen, gramedia matraman, bedah buku personal branding
diskusi dan bedah buku "personal branding" - dewi haroen
kata pak din, "pada dasarnya manusia itu punya kebutuhan untuk dikenal orang sehingga orang sering berusaha untuk memperkenalkan diri dengan caranya masing-masing (bener banget)". branding itu manusia loh, bukan berarti kita pengen gagah-gagahan, ato sombong-sombongan depen publik, tapi publik juga mesti mengenal kita lebih jauh kalo pengen masuk menjadi "poli tikus"

sedangkan kata prof hamdi, " branding itu gak sama dengan iklan, gak juga berarti branding itu adalah penipuan. orang yang berkutat di dunia politik mesti ounya jatidiri yang jelas. dan akar dari branding itu sendiri adalah sebenernya jati diri orang yang dibranding" tahu gak sih, politisi, kalo cuma niat baik aja gak cukup, soalnya dikalangan masyarakat yang skeptis, itu jadi bual-bualan semata aja. jangan sampe politikus yang berkualitas tapi gak bisa membranding diri, kalah dengan politisi abal-abal yang menang karena bisa membranding diri. akhirnya? yah kebanyaka seperti yang kita liat sendiri lah. indikator branding yang berhasil itu, jika bisa membuat orang lain bercerita tentang kita dengan fasih dan lancar.

nah kalo mas dwiki sih bilangnya, " industri kreatif bisa membranding indonesia jauh lebih maju ke depannya" bener juga sih, soalnya kan akar budaya yang ada di indonesia ini kan banyak banget, jadi kalo bisa membranding masing-masing budaya dengan baik, bukan gak mungkin indonesia bisa jauh lebih terkenal dengan budayanya dibandingkan dengan jepang atau cina.

nah, acara ditutup dengan ngasi kejutan buat mbak dewi haroen, yang sehari sebelumnya berulang tahun. selain datengin anggota keluarganya, prof. hamdi muluk dan alvin lie (moderatornya) ditemani oleh mas dwiki menyanyikan lagu "happy birthday" buat mbak dewi haroen. wah wah wah...udah bukunya di launching sukses gini, dikasi kejutan pula. pengen deh kayak gitu *ngimpi *tapi berusaha tetep, hahahaha...
wawancara hamdi muluk, personal branding, dewi haroen, gramedia matraman
nyanyi "happy birthday" bersama - personal branding
in the end, pelajaran yang bisa gue dapetin dari acara ini :

  1. mesti personal branding jauh-jauh hari, biar orang pada tahu dan melekat di pikiran mereka soal siapa kita nantinya.
  2. personal branding itu perlu (atau harus?) walaupun dilaksanakan dengan cara masing-masing
  3. pantang menyerah walaupun harus terlambat (hikmah perjalanan ke acara ini hahahah)

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...