Tuesday 1 April 2014

Stanbruks, Café Anti Narkoba

cafe anti narkoba, cafe anti alkohol, cafe unik, cafe mampang prapatan, cafe duren tiga, tempat ngumpul asyik
mas ugi, pemilik cafe anti narkoba
Café sih biasanya rame sama anak muda ya. Anak muda emang paling sering nongkrong di café. Entah itu Cuma buat makan, ngobrol, diskusi atau malah sampe buat hepi-hepian. Café, bisa jadi salah satu tempat yang rawan untuk konsumsi narkoba dan alkohol. Gak percaya?

Setidaknya itulah yang dibilang sama mas ugi, pemilik stanbrucks café (yang sebenernya lebih mirip lesehan), yang udah 3 kali menemukan pelanggannya sampai berbuat seperti itu. Nah, sebelum cerita lebih jauh soal pengalamannya ketemu sama pelanggan yang kayak gitu, cerita dikit dulu nih soal stanbrucks coffe ini.

Awal tahu tempat ini tuh dari acara “disko” = diskusi komunitas, yang digadang-gadang oleh salah satu komunitas blog *udah pada tahu kali ya, hari minggu kemarin. Acaranya itu di tempat ini, yang tempatnya “terpencil” gitu. “patokan halte busway duren tiga”, gitu sih katanya di undangannnya, Cuma pas nanya-nanya, gak ada yang tahu nama gitu. Terpaksa nunggu dijemput, dan emang tempetnya lumayan masuk ke jalan kecil gitu. Ternyata gak Cuma gue, hampir semua yang hadir juga tersesat, termasuk narasumbernya.
cafe anti narkoba, cafe anti alkohol, cafe unik, cafe mampang prapatan, cafe duren tiga, tempat ngumpul asyik
suasana "disko"
Sepulang dari diskusinya, lihat hasil foto-foto (anak blogger kalo kopdar fotoan adalah kewajiban hahaha…) nemu foto yang kayak gini (hasil zoom) :
cafe anti narkoba, cafe anti alkohol, cafe unik, cafe mampang prapatan, cafe duren tiga, tempat ngumpul asyik

“AREA INI STERIL DARI NARKOBA DAN MINUMAN BERALKOHOL. BEBAS TAPI SOPAN BRO. TTD : STANBRUCKS COFFE”

            Wahhh…menarik banget ya. Sayang, kemarin gak sempet nanyak-nanyak sama pemiliknya. Dan hari ini (kalo dipostingnya tengah malam gini berarti kemarin) gue sengaja datengin tuh tempat lagi. Gak pake nyasar, kan udah tahu jalannya sekarang hahaha… dan ternyata, mas ugi, pemiliknya ini ramah dan welcome banget. Bahkan, waktu itu, karena pengunjungnya sepi, gue kayak dilayanin secara eksekutif. Walaupun tempatnya jauh banget dari asrama gue di cempaka putih, tapi yang namanya cari pengalaman kan gak apa-apa. Apalagi nambah temen segala.

“mas, ini sejak kapan café nya?”
“baru 3 tahun mas”
“sepi ya walaupun udah siang gini”
“kita emang rame nya pas orang pulang kantor sampe tengah malem jam 1 mas. Soalnya kita segmen pasarnya itu orang yang pulang kantor ato sekedar nongkrong malem”
(gileee…maen segmen pasar segala, café terpencil gini pemiliknya punya pemikiran luas gitu? Hebat, gue jadi minder ngobrolnya)
“oh gitu, oh ya, itu papan pengumuman steril narkoba dan alkohol udah lama dipasangnya?”
“baru 2 bulan lah mas, soalnya udah ada kejadian, jadi saya buat yang kayak gitu. Yah, Cuma bisa buat semampunya mas. Belum bisa sampe pasang banner gede”
“itu ceritanya kejadian gimana maksud mas?”
“jadi gini, kan kita (dia dan istrinya) udah 3 tahun buka nih. Selama itu, kita kedapetan pelanggan yang “make” 3 kali. Dulu dua kali, udah lama sih. Mereka biasanya tengah malem gitu. Terus bawa bungkusan plastik hitam. Mereka kayak diem-diem nyedot gitu. Yah, awalnya sih gak sampe mikir sana. Cuma pas bayar, sebelum balik, mereka teler dan gak kayak kita yang lagi ngobrol gini. Saya tahulah, yang kayak gitu biasanya abis make. Soalnya dulu pas SMP pernah punya temen yang pake gituan”
“terus itu diapain orangnya mas?”
“ya kalo yang pertama, saya gak tahu dia “make”. Tapi yang kedua kalinya (artinya pelanggannya sama) saya lihat, terus saya marahin orangnya.”
“oh gitu, daerah sini emang banyak yang pake gituan?”
“gak tahu sih sekarang, gak pernah denger lagi. Dulu pas SMP sering heboh masalah ginian. Tapi sekarang udah gak lagi”
“terus yang terakhir itu…” (belum selese ngomong langsung dicatok sama mas uginya)
“nah, yang terakhir itu sekitar 2 bulanan lah mas. Itu kejadiannya pas malem juga. Ada temen yang bawa temennya gitu. Nah, abis make, mereka ya gitu, gayanya orang yang habis make. Nah, saya langsung marahin abis-abisan mereka diliat ama pelanggan yang lain. Saya maki-maki mereka. Eh sampe sekarang mereka gak berani dateng lagi. Sejak saat itu, saya langsung masang tanda yang kayak gini biar gak kejadian lagi”
“emang konsepnya disini gimana mas?”
“yah kita emang kayak tempat makan yang buka sampe tengah malam gitu, tapi tetep “bersih” dari narkoba dan alkohol. “loe boleh nongkrong sepuasnya asal gak make”.
“oh gitu, sampe sekarang udah gak ada lagi nih yang make datang ke sini?”
“untungnya sih gitu, mudah-mudahan gak ada lagi. Kita sih gak kayak tempat-tempat hiburan kayak café gitu yang bebas yang penting bayar gitu. Oh ya, mas darimana?”
“saya cempaka putih mas. Masih mahasiswa kok. Saya yang kemarin dateng rame-rame (padahal Cuma beberapa butir yang dateng) dari blogger itu loh mas”
“oh iya, dari blogger ya. Wah, saya juga pernah nulis di blog dulu tapi udah gak pernah lagi sekarang. Kalo boleh ajarin nulis blog dong mas hehehe…”
Pengennya gue bilang “masak gak bisa nulis mas? Tulisannya jelek yah di komputer? Tinggal ketik B-EL-O sama GE doank kok mas”
Cuma, mas ugi yang udah ramah gini mas gue becandain gitu, entar es kelapa yang harganya lima ribu rupiah bisa jadi lima ribu dollar lagi.
“boleh kok mas, yang penting ada kemauan. Nanti kalau pengen nulis di blog lagi, kabarin aja ya mas.” Abis itu tukeran nomer hape.

            Hebat ya, ternyata mas ugi ini dulunya blogger, walaupun postingannya baru Cuma satu, hahaha… blognya ada di stanbrucks-coffee.blogspot.com :D , Abis cuap-cuap gitu, ternyata ini mas ugi lulusan psikologi loh. Pantesan aja ngobrolnya asyik gitu, terus pilihan kata yang dipake pas ngobrol juga memposisikan diri sebagai orang terpelajar. ternyata ini konsep café sesuai dengan psikolog coffe. Artinya bagaimana menjalankan sesuatu itu sesuai dengan dasar “passion” atau ketertarikan atau kesukaannya dalam menjalankannya, bukan hanya karena “money oriented”.  Dan artinya “stanbrucks” pun bukan karena pengen mirip namanya dengan st**bucks, tapi merupakan singkatan dari instan-tubruk, karena salah satu menu yang ada di sini bisa kopi instan atau kopi tubruk.

            Cukup idealis yah untuk orang sederhana seperti mas ugi. Pelajaran yang bisa dipetik dari sini adalah (bagaikan sedang membaca cerita fiksi) bahwa perang melawan narkoba tidak hanya bisa dilakukan oleh BNN dan kepolisian saja. Kita bisa membantu mereka mencegahnya dengan hal-hal kecil seperti yang telah dilakukan oleh mas ugi. Hanya dengan “melarang” para pelanggan menggunakan narkoba dan alkohol di tempatnya, bisa jadi mencegah penggunaan narkoba disekitar kita.

            Kita hanya orang kecil, kecuali BNN dan kepolisian “orang besarnya” yang punya kekuatan, mulailah mewujudkan Indonesia bebas narkoba dari hal-hal yang kecil, Kalo bukan kita siapa lagi? Kalo bukan sekarang kapan lagi? *slogan parpol *lol

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...