Tuesday 1 April 2014

7 Keuntungan Rehabilitasi

keuntungan rehabilitasi, 7 keuntungan rehabilitasi, enaknya rehabilitasi

Denger kata rehabilitasi bagi sebagian orang (apalagi pecandu narkoba) pasti mikirnya sesuatu yang sangat buruk, terisolasi dan mendapatkan perlakuan yang tidak-tidak. Gak salah sih kalo banyak orang mikir gitu, soalnya sosialisasi soal rehabilitasi ini masih minim dilakukan oleh orang-orang. Mungkin BNN udah intens melakukannya, tapi gak dibahas lebih lanjut ama orang-orang seheboh kalo bahas gosip artis dan politik. padahal yang namanya rehabilitasi itu (sesuai yang pernah gue denger dan baca) gak seburuk yang kalian pada bayangin kok. Kegiatan-kegiatannya juga asyik dan pastinya sangat bermanfaat.

Nah, buat ngebantu temen, saudara atau kalian sendiri, yang masih menggunakan narkoba, gue mau ngasitahu keuntungan yang kalian pada dapet kalo ikut program rehabilitasi pengguna narkoba, baik dari pemerintah, misalnya di BNN maupun komunitas ato lembaga swadaya yang bersama-sama peduli terhadap korban penyalahgunaan narkoba ini. Selain pastinya GRATIS, rehabilitasi punya keuntungan diantaranya :

1.      Sehat jasmani dan rohani
Sebenernya ini yang pertama dan utama sebagai tujuan dari rehabilitasi, bisa menyembuhkan penyakit fisik (jasmani) dan penyakit mental (rohani) pecandu narkoba. Gak Cuma nyembuhin kesehatan doank loh, tapi sekaligus psikologisnya juga. Soalnya, pecandu yang Cuma sehat tubuhnya doank, belum tentu bisa kembali ke masyarakat seperti semula kalo mentalnya masih sakit, malah bisa-bisa kembali pake narkoba lagi. Itulah hebatnya di tempat rehabilitasi ini, keduanya (fisik dan mental) jadi prioritas utama. Diajarin hidup sehat setiap hari. Habis itu, bakalan menjadi kebiasaan hidup setelah keluar dari tempat rehabilitasi.

2.      Menghemat duit
Mungkin ini yang dikit banget yang tahu. Orang mikirnya rehabilitasi bakalan bayar sini bayar sini. Tapi nyatanya, rehabilitasi pengguna narkoba itu gratis kok. Gak bayar sama sekali soalnya ditanggung ama Negara. Kecuali kalo kalian selain pecandu punya penyakit lainnya yang parah, misalnya HIV/aids atau hepatitis dan lainnya. Soalnya kan biasanya orang yang pake narkoba itu gak Cuma kena di penyalahguna narkobanya doank, biasanya diikuti ama alkohol dan free sex. Yang ditanggung itu proses selama penyembuhan narkoba kalian, tapi jangan khawatir kok, kalo sampe kena yang itu juga, paling yang dibebani Cuma biaya penggantian obat dan terapi penyakit diluar yang disebabkan sama narkoba. Jadi, selama kalian Cuma pake narkoba, separah apapun, bakalan gratis.
Kebayang gak dibiayain selama rehabilitasi yang sampe bulanan, bahkan bisa sampe satu tahun itu gratis semuanya? Itu udah menghemat duit berapaan coba? Kalo makan dan minum sehari dihitung rata-rata Rp. 20.000, terus seandainya kalian pake narkoba senilai Rp. 500.000 seminggu, bakalan hemat duit Rp. 2.600.000 sebulan, Rp. 25.200.000 setahun. Siapa lagi yang bisa ngasi duit Cuma-Cuma Rp. 2.600.000 sebulan? Gaji PNS aja belum tentu yang balik bisa sampe segini.

3.      Dapet temen baru
Nah, ini yang biasanya menjadi masalah buat para pengguna narkoba. Biasanya orangnya bakalan dijauhin ama temen-temennya. Yaiyalah, temennya kan gak mau sampe ikutan pake narkoba gitu, jadi wajar aja temennya juga pilih-pilih temen. Dan emang, salah satu penyebab orang pake narkoba itu adalah kesepian, gak ada temen.
Di tempat rehabilitasi ini bakalan dapet temen yang malah bakalan berasa jadi kayak keluarga baru loh. Gak perlu malu, gengsi apalagi sampe minder lagi. Mentor yang membimbing juga pastinya ramah dan easy going, gak kayak di penjara *loh

4.      Dapet “belajar” gratis
Sekolah atau kuliah tidak harus di tempat-tempat yang sudah kita kenal sebagai saran pendidikan formal doank. Bisa dimana saja, termasuk di tempat rehabilitasi. Jangan salah loh, kita kalo direhabilitasi itu diajarin juga pengetahuan dan keterampilan layaknya orang yang lagi sekolah. Kita tetep dikasi ilmu dan perkembangan teknologi sesuai dengan bakat dan minat yang ada di dalam diri kita. Jadi gak usah mikir kalo masuk tempat rehabilitasi itu udah kayak masuk penjara yang terisolasi banget dari dunia luar.

5.      Dapet “kerja” gratis (tentunya sesuai skill)
Kalo ini lanjutan dari belajar gratis di atas. Nanti, kemampuan dan pengetahuan yang kita punya di tempat rehabilitasi itu bakalan disalurkan ke perusahaan atau tempat yang membutuhkan. Gak tanggung-tanggung loh, kalo yang pengen berwirausaha bakalan dituntun buat buka usaha abis selese dari tempat rehabilitasi. Kalo yang mau kerja, bakalan dicariin tempat kerja yang sesuai. Enak kan? Udah gratis, dikasi keterampilan, udah sembuh dapet kerja lagi. Kayaknya udah jatuh ke surga, ketimpa bidadari pula *aidahhh

6.      Menjadi contoh
Jadi contoh di sini maksudnya menjadi panutan bagi orang-orang yang belum berani melaporkan diri ke tempat rehabilitasi karena masih takut. Biasanya yang kayak gini bakalan sulit percaya sama orang yang gak bisa ngerasain apa yang dirasain oleh dirinya sendiri. Nah, kalo ada orang yang “dituakan” karena udah berpengalaman dalam hal rehabilitasi ini, biasanya pengguna yang belum berani bakalan datang berkonsultasi sendirinya. Jadi, bakalan dianggap sebagai senior, contoh, panutan atau malah jadi guru buat mereka yang masih menyalahgunakan narkoba.
Di sini, mantan pecandu narkoba yang telah berhasil sembuh dari jeratan obat haram itu bakalan membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani penyalahgunaan narkoba. Bukankah orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain? Dengan begitu, kita bisa dipercaya lagi sama orang-orang. jadi, dapet pahalanya gede tuh.

7.      “reborn”
Berasa seperti lahir kembali. Seperti seorang bayi, yang tidak punya masa lalu, dan senantiasa menatap masa depan. Biasanya orang yang perlu “reborn” ini yang sudah mengalami depresi, kekecewaan dan rasa sakit yang mendalam dan begitu lama, sehingga perlu “dibersihkan” secara total untuk bisa bangkit kembali. Bangkit kembali tidaklah mudah, namun selalu ada jalan. Dan salah satu jalannya (bagi pecandu narkoba) adalah dengan rehabilitasi. Bukan begitu? J

Itu dia 7 keuntungan yang bisa kalian dapet kalo masuk ke tempat rehabilitasi. Emang sih itu semua Cuma pemikiran gue doank, tapi setidaknya itu semua bener kan? Hehehe…Setelah tahu itu, buat pengguna narkoba dimanapun kalian berada, yuk…datengin tempat rehabilitasi terdekat atau yang paling kalian percaya buat bisa kembali menjadi manusia “selayaknya”. Rehabilitasi bukan pilihan, tapi keharusan!

1 comment:

OKTA MIRA said...

Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu sebanyak Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000.00 kepada pemberi pinjaman yang curang sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali untuk memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah sebesar Rp850.000.000,00 bersamaan dengan Rm247413.75 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga cukup wang untuk membiayai perniagaan saya sendiri terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi ketenaran
Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...