Friday 7 March 2014

review buku : young sherlock holmes

review, buku, review buku, young, sherlok, holmes, young sherlock holmes, black, ice
young sherlock holmes
seperti pada postingan sebelumnya tentang pengembangan novel sherlock holmes, "the sherlockian", masih banyak lagi versi lain dari cerita detektif Inggris tersebut. para penulis novel misteri memang sangat tertarik untuk mengungkap kehidupan lain dari seorang sherlock holmes.


berbeda dengan "the sherlockian" yang menceritakan kehidupan penggemar sherlock holmes masa kini, dan kehidupan sang penulisnya di masa lampau, "young sherlock holmes" ini menceritakan kisah-kisah awal dimana sherlock holmes belajar akan kemampuan deduksinya. tentu saja ini bukan termasuk dalam kisah asli yang dituliskan oleh sir ignatius conan doyle. namun, ceritanya memang tidak kalah menarik.

bercerita ketika holmes masih muda, ketika berumur 14 tahun, dimana rasa keingintahuannya sangat tinggi akan sesuatu. kemampuan mengamatinya yang didapatkan dari mentornya, yang pada buku ini adalah seorang imigran dari amerika, amysus crowe. crowe mengajarkan kepada holmes muda mengenai teknik deduksi dengan hanya melihat kondisi fisik dari seseorang, seperti cara berpakaian, gaya rambut, bentuk kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya. selain itu, kemampuan bermain violinnya yang baru dimiliki juga di eksplorasi.

pada buku ini, kasus yang terjadi adalah tuduhan pembunuhan ruang tertutup yang dilakukan oleh kakak dari holmes sendiri, mycroft. petualangan demi petualangan, yang dalam hal ini lebih mengarah kepada sisi "action" daripada sisi permainan deduksi seorang detektif. dan pada buku ini juga, kisahnya lebih banyak memuat tentang orang lain daripada sang detektif muda sendiri. namun, ending yang mengejutkan dengan trik dan kisah yang saling berkaitan tetap saja menjadi hal yang membuat penasaran pada buku ini. salah satu ciri sebuah cerita detektif.

uniknya, buku "young sherlock holmes" terbitan elex media komputindo dalam bahasa indonesia ini berseri, artinya memiliki kelanjutan yang berhubungan satu sama lain. baru empat seri yang diterbitkan, salah satunya adalah "young sherlock holmes : black ice" dan yang terbaru adalah "young sherlock holmes : fire storm".

buku ini memang layak untuk dibaca :)

4 comments:

Ila Rizky said...

aku kemarin abis baca yang laskar jalanan baker street, asyik juga ya, pengen nyari yang versi ini, hehe

pedrogondem said...

iya, banyak banget versinya, ada juga yang terbaru versi pas masih mudanya, arsen sama lupin, pernah baca?

Anonymous said...

kalau sekarang kira2 udah sampai seri ke berapa ya yang diterbitkan oleh elexmedia?
trus yang seri fire storm nya kalau sekarang di jual dimana ya? soal nya udah cari2 ke gramedia tapi ga ketemu..
mohon info nya gan..

Anonymous said...

Klo yang fire storm apa udh keluar??? Kok di toko buku gak ada yh??? Atau udh sold out???

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...