Tuesday 4 March 2014

review buku : ENIGMA 2, the case is not over

banyak banget ya buku sape sekarang yang bahas yang namanya konspirasi, mulai dari novel, cerpen, penelitian malah sampe tulisan-tulisan di blog/website. yah, yang namanya konspirasi emang gak pernah abis-abisnya buat dibahas. gak ada yang namanya siapa yang benar, siapa yang salah, "selalu ada sisi yang lain" itulah yang dibilang sama bung E.

oh ya, ngomong-ngomong soal bung E (enigma) mungkin gak banyak yang tahu soal dia. tapi jika kalian penggemar cerita misteri atau lebih tepatnya cerita konspiratif, dimana selalu ada perdebatan sengit antara kebenaran dan kebohongan yang terjadi, kalian sudah pasti tidak asing dengan dia. dia salah satu analis cerita-cerita konspiratif di jagat cyber. 

gak bisa dipungkiri, tulisannya di blog xfile-enigma.blogspot.com sering banget jadi referensi buat para penulis lainnya. selain menganalisis sebuah peristiwa dari sisi objektifitas dan independen, tulisannya juga lengkap sehingga fakta dan opini yang ada terpampang dengan jelas. analisisnya juga membuat kita bebas untuk memilih, apakah kita mesti ngikutin apa yang dijelasin sama dia, atau memilih sisi yang berbeda.

buku kedua yang baru-baru ini diterbitin, "enigma 2", membuat kita membaca kembali tulisan di blognya. setelah berhasil dengan buku pertamanya, "enigma", buku kedua ini pun gak kalah berhasil. menampilkan peristiwa aneh yang berhubungan dengan suatu konspirasi, hoax, dan kejadian-kejadian janggal di seluruh dunia. mulai dari alien yang ada di bumi sampe kejadian yang berhubungan ama yang namanya hantu, yang semuanya pada dasarnya bisa dijelasin secara ilmiah tanpa ada campur tangan dunia lain. 

enigma 2
buku ini menyajikan fakta, atau lebih tepatnya cara berfikir tentang kejadian misterius yang sering (atau mungkin selalu) dianggap memiliki campur tangan dunia lain. karena emang kalau udah menyangkut hal-hal kayak gitu, orang-orang sangat suka membesar-besarkannya. nah, supaya kalian gak selalu ikut-ikutan (dalam islam sih namanya "taklid buta") tanpa punya dasar, udah waktunya dong kalian teliti dalam menyaring informasi yang beredar di dunia ini. jadi buku ini bisa menjadi salah satu awal biar kalian bisa melatih berfikir "out of box" dan menganalisa suatu kejadian dari sisi yang lebih objektif.

awalnya sih gue gak mau beli tuh buku, soalnya gue tahu itu isinya kayak gimana walaupun belum dibaca. orang gue udah baca semua tulisan di blognya sejak 2010,semenjak gue masih SMA sampe sekarang kok. jadi dengan ngeliat sinposis dibelakang sama daftar isinya aja udah ketahuan isi dari buku keduanya ini. cuma, karena gue begitu menghormati bung E, yang udah membuat cara pandang gue berubah ama suatu kejadian, gue pun beli. lupa deh berapa harganya, yang jelas gak mahal kok untuk sebuah buku konspirasi.

cuma dalam satu hari, buku ini habis gue baca. yah, itung-itung buat nostalgia kenangan bersama tulisan bung E yang sekarang ini udah jarang update tulisan di blog nya. walaupun katanya bung E belum berfikir buat nulis serial ketiganya, tapi gue dukung dia buat keep writing deh :) thanks udah "menjerumuskan" gue di dunia konspiratif bung :)

spoiler for mention-mentionan ama penulisnya :D



3 comments:

Euisry Noor said...

Wah, menarik. Saya baru tahu tentang buku ini. Pernah liat sih di toko buku, buku berjudul Enigma. Tapi gak tahu yg ini apa bukan, kirain itu novel sci-fi.
Pembaca setia blognya rupanya.

Mau say hi juga sama sesama penggemar Sherlock Holmes. Hehe... Cuma kalau saya belum menyebut diri Sherlockian aja sih. Tapi suka banget sama Mbah Holmes ^_^. Salam kenal.

pedrogondem said...

iya nih, bukunya emang menarik mbak...

salam kenal juga ya, saya juga bukan sherlockian akut kok :D cuma suka baca cerita detektif aja

Indra said...

Thanks reviewnya....

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...