Monday 3 March 2014

review buku : THE SHERLOCKIAN

sherlock, holmes, sherlockian
THE SHERLOCKIAN
begitu banyak buku referensi dan novel fiksi yang mengembangkan kumpulan cerita detektif  "sherlock holmes". tidak bisa dipungkiri bahwa pengembangan cerita detektif karangan sir ignatius conan doyle ini menjadi salah satu daya tarik dalam dunia detektif setelah peninggalannya.  sebut saja komik detektif conan karangan aoyama gosho, yang sampai saat ini bertahan dalam mengembangkan kartun bergenre detektif. selain itu masih banyak novel-novel yang diterbitkan dengan menyadur kisah dari konsultan detektif dari baker street ini. salah satunya adalah "the sherlockian".


the sherlockian, yang diterbitkan pertama pada tahun 2010 dalam bahasa inggris, diterjemahkan pada tahun 2013 lalu menjadi salah satu novel pengembangan cerita sherlock holmes yang sangat menarik. mengambil setting pada 2 waktu yang berbeda, yakni pada masa lalu dimana arthur conan doyle tahun 1900-an, dan pada masa kini yang diperankan oleh harold tahun 2010.

penulis buku ini, graham moore, terlihat sekali kepiawaiannya dalam membuat setting waktu dan tempat yang berkaitan dengan kehidupan arthur conan doyle dan juga para sherlockian masa kini. selain itu, penguasaan sejarah dan dunia sherlock holmes terlihat sekali berada dalam genggaman moore. sehingga seakan-akan tulisan ini merupakan lanjutan dari 58 cerita asli tentang sherlock holmes itu sendiri.

jalan cerita yang mengagumkan ditambah dengan eksplorasi kehidupan sang penulis sherlock holmes dengan relevansinya pada masa kini di kehidupan para sherlockian (penggemar sherlock holmes). misteri pembunuhan yang apik dengan tersangka yang tidak terduga bahkan sampai akhir cerita, membentuk rasa penasaran yang tinggi, menjadikan buku ini memang layak dibaca untuk seorang sherlockian dimanapun berada.


No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...