Sunday 18 March 2012

TARGET HASIL UN SMK...mantap

Ujian Nasional (UN) menjadi momok yang menakutkan bagi setiap siswa kelas 3 baik SMP maupun SMA. Sistem yang berbeda dari tahun ke tahun membuat Ujian Nasional yang menjadi salah satu penentu kelulusan untuk melanjtukan ke jenjang yang lebih tinggi ini pun membuat siswa-siswi yang akan mengikutinya sedikit khawatir dan menakutkan. Namun, tahun ini, kriteria kelulusan semakin dipermudah dengan mengikutsertakan nilai rapor sebagai salah satu penentu kelulusan juga.

Mungkin hal inilah yang membuat optimis pihak akademisi untuk dapat meluluskan siswa-siswi nya. Disadur dari salah satu situs berita terupdate seputar NTB, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga – Dikpora Nusa Tenggara Barat yang menargetkan hasil Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan berada diatas rata-rata nasional. Pasalnya pada Ujian Nasional tahun sebelumnya SMK di NTB masih berada dibawah rata-rata Nasional yakni 98,15 persen dari rata-rata nasional sebanyak 99,51 persen.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Dinas pendidikan pemuda dan Olahraga-Dikpora NTB Haji Lalu Basri kamis (15/3) mengatakan, target itu optimis dicapai menyusul makin meningkatnya motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional yang akan mulai dilaksanakan pada April mendatang. Menurut Basri, Dinas Dikpora juga sudah mengedarkan imbauan kepada seluruh sekolah diwilayah NTB agar lebih maksimal mempersiapkan UN dengan berbagai kegiatan seperti pengayaan, Try Out, dan lain sebagainya. Selain itu, Dinas Pendidikan dimasing-masing kabupaten/kota juga sudah melakukan trobosan-trobosan baru dalam mempersiapkan UN sehingga tingkat kelulusan Ujian Nasional untuk SMK akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Jumlah peserta SMK pada UN tahun ini di Provinsi NTB sebanyak 13 ribu 716 orang. Seperti diketahui, pada Ujian Nasional tahun sebelumnya, hanya jenjang SMK yang hasil UN nya masih berada dibawah rata-rata nasional yakni 98,15 persen, sedangkan rata-rata nasional sebesar 99,51 persen. Berbeda halnya dengan jenjang SMP/MTs yang mampu meluluskan hingga 99,62 persen dan SMA/MA sebanyak 99,43 persen. Namun demikian, dari sisi nilai UN, NTB belum mampu bersaing dengan daerah lain dan berada dibawah rata-rata nasional, baik untuk jenjang SMP, SMA dan SMK pada seluruh mata pelajaran. Sementara itu, pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang SMA, MA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan pada 16 hingga 19 April 2012 mendatang.

So, prepare yourself ya adik-adik!

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...