Monday 19 May 2014

blogger reporter, inspirasi indonesia

blogger reporter indonesia
jujur gue gak tahu mesti mulai darimana kalo ngomongin blogger reporter ini. yah, kebanyakan blogger (bisa juga media) lainnya manggilnya BRID, blogger reporter Indonesia. umurnya sih gak terlalu lama, bisa dibilang masih berupa komunitas yang "muda" lah. yang muda, yang eksis. bukan begitu? muda tak berarti harus mengalah dengan yang tua. tapi yang muda, harus menghormati yang tua. kira-kira begitulah di BRID ini.
kalo ditanyak, apa sih BRID itu?
komunitas blogger? iya..
partner bisnis? pasti bisa...
network? tentu...
ladang ilmu? gak usah ditanyakan lagi...
keluarga? ini yang hampir gak gue temuin di komunitas lainnya. keluarga. keluarga yang ngenalin gue luasnya dunia kepenulisan di dunia. keluarga yang merangkul anak cupu dari daerah. keluarga yang tidak hanya bisa meremehkan pendatang baru, tapi menuntunnya untuk menjadi seseorang yang mungkin suatu saat nanti perlu diperhitungkan. seorang blogger. 

awal kenal sama komunitas ini? gue gak malu ngakuin, kalo gue benar-benar tidak sengaja ikut dalam komunitas blogger ini. ini adalah komunitas blogger pertama yang gue ikutin. waktu itu bulan maret, tahun 2013. gue gak tahu mau ngapain, iseng-iseng diajak gabung grup blogger reporter setelah salah satu acara ulang tahun sebuah stasiun televisi. ternyata ada undangan terbuka, buat siapa aja anggota grup blogger reporter ini buat ngeliput kegiatan di taman mini indonesia indah. yaudah, gue mutusin buat ikutan, walaupun gak ada satupun orang yang gue kenal disana. gak ada. gue yakin bakalan canggung, soalnya gue tipe orang yang gak bisa langsung asyik diajak ngobrol pas pertama kali ketemu dengan orang banyak yang sudah lebih dulu saling mengenal.

paginya gue nyampe di TMII. skip cerita, gue tersesat. pertama kali ke TMII. eh, gak nyangka malah ditelpon sama mas hazmi. gileee...gue anggota baru ditelponin buat nunjukin arah sama super adminnya? care banget ya sama anggotanya. itu kesan pertama gue sama komunitas ini. dan ternyata pas ketemu, mereka  semua easy going, emang sih gue pasif, cuma kalo diajak kenalan langsung disambung-sambungin deh sama kebiasaan mereka sebagai seorang blogger dengan kebiasaan gue yang kebanyakan berdiam diri di asrama.

setelah acara itu, gue jadi sering ikutan undangan dari BRID ini. sepertinya image gue yang semula pasif, bener-bener diubah pertama kali oleh kawan-kawan BRID. gak tahu kenapa, dari komunitas ini, gue malah bisa ngenal banyak komunitas lainnya, mulai dari komunitas blogger lain, komunitas penulis, penerbit bahkan sampai yang berbau media tertentu. asyik juga. bisa diajak kesana kemari. bisa menjadi seorang "tamu undangan terhormat". gak kayak di tempat gue, yang memandang gue sebagai orang yang "serba biasa". nothing special. tapi di sini, i am something.

hal yang udah gue dapet dari BRID? gak usah ditanyakin deh. sudah terlalu banyak. yang paling berharga sebenarnya menurut gue adalah ilmu dan pengalaman. gue kira, yang namanya blogger itu cuma bisa menulis curhatan doank. eh ternyata, seorang blogger pada dasarnya dituntut memiliki ilmu dan pengalaman yang luas. dan di sini gue mendapatkannya. ilmu dan pengalaman yang mungkin gak bakalan gue dapetin di komunitas lain, secara gitu diundang hampir setiap hari ke acara ini itu, yang begini yang begitu. mulai dari ilmu yang nyambung sama latar belakang gue sampai dengan yang sama sekali gue "buntu". lalu, rasa kepedulian dan saling menghormati. ini juga yang terasa banget antara satu blogger dengan blogger lain yang ada di komunitas ini. kalo material sih sebenarnya gak perlu masuk ke dalam hal yang membuat gue betah di komunitas ini, cuma sebagai sharing pengalaman aja, kalo sekedar gadget, handphone, tablet, baju, dan voucher pulsa dan voucher makan merupakan hal biasa yang bisa kita dapetin loh di BRID ini. dan yang paling terasa buat gue itu, semenjak sering mengikuti undangan dari BRID, yang namanya buku catatan dan bolpoin gue numpuk banget, padahal sebelumnya gue tipe mahasiswa yang bisanya cuma meminjam bolpoin dan meminta kertas gratisan dari binder temen buat nyatet kuliah.

pengalaman paling berkesan? hemmm...sepertinya setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh BRID atau yang BRID berikan sebagai undangan dari partner ke anggotanya selalu berkesan. kesan capek ada, kesan terkadang tersesat ada, tapi kesan yang menariklah yang bakalan banyak kalian temukan di sini. 

terakhir, gue kutip sedikit dari situs resmi blogger reporter indonesia ini :

WHY CHOOSE US

  • Blogger Rerpoter terdiri dari blogger multi platform, kaya akan diskusi dan inspirasi. Bergabunglah di grup kami, Anda bebas berdiskusi.
  • Inilah sisi lain media blog. Kapanpun dan oleh siapapun masih tetap bisa dibaca
  • Kami tidak terbatas pada usia, agama, suku, golongan, pendidikan, dan gender.
  • Setiap member mempunyai kesempatan yang sama untuk memberikan koreksi dan masukin positif untuk Blogger Reporter Indonesia
  • Bebas tapi betanggungjawab. Itulah cara kami menulis blog. Hal yang paling mendasar adalah bukan blog anonim.
  • Setiap blog mempunyai karakter dan topik yang beragam bergantung kepada interes dan gagasan masing-masing bloger.
  • Sisi teknologi tidak bisa kami abaikan. Perlahan tapi pasti, perangkat mobile kian menguasa pangsa akses. Kami terus berusaha compatible untuk itu.
  • Tulisan saja kadang tidak cukup, video dan audio blog adalah cara lain dalam ngeblog agar setiap informasi tetap bisa dicerna
so? ngapain bingung? let's start and join with us

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...