Monday 28 April 2014

road to lombok part end : tibalah di selong

part terakhir ini adalah bagian lanjutan dari part 4 sebelumnya tentang perjalanan dari pelabuhan padangbay, bali, ke pelabuhan lembar, lombok. perjalanan ke selong, lombok timur dari pelabuhan lembar, lombok barat gak sulit-sulit amat. cuma butuh 2-3 kali transit angkutan umum. dan biayanya pun bervariasi, tergantung dari pelayanan yang kita pengen. kisarannya antara 15.000 (mobil carry + engkel) sampai dengan 250.000 (taksi). oh ya, jarak pelabuhan lembar dengan kota selong sekitar 60 km, atau kalo dalam perjalanan itu sekitar 2 jam perjalanan.

setelah turun ke pelabuhan lembar, tidak ada satu pun transportasi yang bisa langsung membawa ke terminal mandalika atau bertais. oh ya ada, ojek. dan ojek disana pun lumayan mahal. jadi gue mutusin untuk berjalan kaki keluar pelabuhan menuju jalan umum yang berjarak sekitar 300 m. di sana sudah langsung ditunggu oleh mobil angkutan umum ber-plat kuning dengan tipe mobil berupa carry berwarna merah, biru dan putih. semuanya memiliki jalur yang sama. sebenarnya sih ongkosnya bisa cuma 5 ribu, atau mungkin 10 ribu, cuma waktu itu pengen cepet jalan, kebetulan angkotnya kosong, yaudah gue kasi 20 ribu, hitung-hitung sedekah dah buat saudara sesama suku sasak sendiri. lama perjalanan ke terminal mandalika atau bertais sekitar 20 - 30 menit.

terminal mandalika dan bertais itu adalah tempat yang sama, dimana terminal adalah tempat berkumpulnya angkutan-angkutan umum antar kabupaten atau dalam kota yang biasa disebut dengan nama "engkel". engkel ini pada dasarnya mirip dengan metromini di jakarta. sedangkan bertais itu adalah nama pasar yang ada di dalam terminal. jadi menyebut terminal mandalika sudah termasuk menyebut bertais, begitu juga sebaliknya.

nah, tips buat yang pengen ke kabupaten lombok timur dari terminal mandalika ini, biar murah dan cepat antara lain :
  1. cari "engkel" yang menunggu di luar terminal, bukan yang di dalam terminal. kenapa? karena kalo yang di dalam terminal itu menunggunya sangat lama, bisa berjam-jam, tergantung penumpang sudah penuh atau gak. selain itu, setiap penumpang akan diperebutkan oleh kenek masing-masing engkel yang pengen cepat dinaiki, jadi kita kayak rebutan di sana, gak mau gak kayak gitu?
  2. bayar dengan uang pas, yaitu 10 ribu kalau cuma sampai masbagik, tapi kalau mau ke selong atau sampai labuhan lombok, 15 ribu. kalo bayar dengan uang lebih, maka kembaliannya akan dipatok dengan biaya 20 ribu. dan kalo diprotes "sekarang ongkosnya 20 ribu", bilang aja "saya udah biasa kok naik engkel, ongkosnya cuma 10 ribu (kalo sampai masbagik) atau cuma 15 ribu (kalo sampe selong dan labuhan lombok.
  3. cari engkel dengan jurusan yang tepat, karena kalo salah naik makan untuk transit ke engkel lain bakalan kena biaya tambahan seperti penumpang yang baru naik. ada dua engkel jurusan kabupaten lombok timur, ada yang ke labuhan lombok, ada juga yang ke selong. 
engkel lombok, lombok engkel, engkel, uncle, angkutan umum di lombok, transportasi umum di lombok, lombok timur
engkel lombok
kebetulan karena yang mau jalan waktu itu adalah engkel yang ke pelabuhan lombok, yaudah gue naik aja. nanti turun di masbagik, dan transit naik angkot ke kota selongnya. waktu itu juga lagi jumatan, jadi sekalian buat jumatan di masbagik biar keburu. perjalanan ke kabupaten lombok timur bakalan melewati kota mataram, kabupaten lombok barat, kabupaten lombok tengah, dan sampailah di kabupaten lombok timur. waktu tempuhnya sekitar 1 jam setengah.

sampai di masbagik, tepatnya di perempatan besar masbagik, dekat pasar, kita bisa naik angkot ke arah timur dengan ongkos sekitar 5 ribu. namun karena waktu itu gue pengen cepet sampe, setelah jumatan, gue minta dijemput aja sama kakak gue. lumayanlah ngirit ongkos. perjalanan dari masbagik ke kota selong menempuh waktu sekitar 15 menit. 

jam 1 siang, akhirnya tibalah gue di home sweet home. gubuk sederhana dengan makanan-makanan khas yang menggoda. 

ringkasan perjalanan dari jakarta ke lombok
jakarta kota - surabaya gubeng, biaya 55 ribu (kereta ekonomi AC) gaya baru malam, rabu : 11.30-01.50 
surabaya gubeng - banyuwangi baru, biaya 85 ribu (kereta bisnis) mutiara timur siang, kamis : 09.00-15.30
pelabuhan ketapang - gilimanuk, biaya 6 ribu (ferry) KMP pottre koneng, kamis : 16.00-17.00
terminal gilimanuk - pelabuhan padangbay, biaya 50 ribu (bis non ac), jumat : 00.30-05.00 (WITA)
pelabuhan padangbay - pelabuhan lembar, biaya 40 ribu (ferry), jumat : 05.45-09.50
pelabuhan lembar-kota selong, biaya 40 ribu (angkot + engkel), jumat : 10.00-12.00

nah, setelah tahu lama dan total biayanya, tertarik ke lombok lewat jalur darat dan laut? :)

5 comments:

Sandra Ovia Loan Firm said...

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Angga Annisa said...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
                       : {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
   Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

mabel said...


I Lost my Money to scammers but not anymore

Well, who would have believed this. When I saw a comment

by one Allison babara, I thought it was one of the Scammers

ways to convince someone. Looking at his comment, I saw

an element of doubt since he was telling stories. Well I did it

50/50 which means I can’t lose my money to any scammer

again. I contacted the email on the testimony of Allison?

Babara (securehackers01@gmail.com) and I was

replied immediately. I was shocked but I didn’t lose my stand.

I asked them to give me proof to be sure they are not

scammers like others that I have met before and they sent me

a proof. Then I requested to get my card which they sent to

me in Germany in just 3 days. Am happy now because I have?

recovered my cash I lost to scammers. My first withdrawal?

was $10,000 and I couldn’t believe my eyes until I confirmed?

their word which says that I can withdraw up $63,000 in a

month. secureblankatmSolution? are real because I got my?

card in just 3 days when I requested for one. Contact their

mail securehackers01@gmail.com for yours. They

didn’t scam me.

Morris mabel is my name and if you are scared, please reach

me through my mail dasinator02@gmail.com

mabel said...


I Lost my Money to scammers but not anymore

Well, who would have believed this. When I saw a comment

by one Allison babara, I thought it was one of the Scammers

ways to convince someone. Looking at his comment, I saw

an element of doubt since he was telling stories. Well I did it

50/50 which means I can’t lose my money to any scammer

again. I contacted the email on the testimony of Allison?

Babara (securehackers01@gmail.com) and I was

replied immediately. I was shocked but I didn’t lose my stand.

I asked them to give me proof to be sure they are not

scammers like others that I have met before and they sent me

a proof. Then I requested to get my card which they sent to

me in Germany in just 3 days. Am happy now because I have?

recovered my cash I lost to scammers. My first withdrawal?

was $10,000 and I couldn’t believe my eyes until I confirmed?

their word which says that I can withdraw up $63,000 in a

month. secureblankatmSolution? are real because I got my?

card in just 3 days when I requested for one. Contact their

mail securehackers01@gmail.com for yours. They

didn’t scam me.

Morris mabel is my name and if you are scared, please reach

me through my mail dasinator02@gmail.com

Anonymous said...

We Bring To You Good News From Hennager Blank ATM Cards..

Have you been trying to get a real blank ATM Card and it has been a problem trying to get one? Here is Hennager Blank ATM Card easy and affordable to get and it can be delivered to you waiting 24hrs after you have made your order from me at: hennager4040@gmail.com Or you can as well send me a text messages +1-702-500-8356

We have special cash loaded programmed ATM card for you to meet up with those needs of yours and also start up your own business. Our ATM card can be used to withdraw cash at any ATM or swipe, stores and POS. Our cards has daily withdrawal limit depending on the card balance you order.You can make from $2500 to $50,000.00 In USD And EUR,with our Programmed card. Contact us today for your own order at : hennager4040@gmail.com

Here are the price list for ATM Cards:
Balance Price

$2500---------------$155
$5000---------------$255
$10,000-------------$500
$13,000-------------$680
$15,000-------------$760
$17,000-------------$880
$20,000-------------$970
$25,000-------------$1000
$30,000-------------$1100
$35,000-------------$1200
$40,000-------------$1300
$45,000-------------$1350
$50,000-------------$1500

Do contact for more info and also on how you are going to get your order..
Order yours today via Email: Gmail-Compose mail to: hennager4040@gmail.com
call/sms +1-702-500-8356
Hangouts: hennager4040@gmail.com

Hennager Peter.

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...