Saturday 25 January 2014

timeline future : alam dan biologi (part 2)

 
timeline, urutan waktu, masa depan, future
timeline future : alam dan biologi
pernah denger timeline kan? timeline sangat familiar di twitter dan bahkan sekarang sudah ada di facebook. kata timeline merujuk pada urutan waktu, yang selama ini untuk menggambarkan aktifitas kita dari masa lalu sampai sekarang. tapi pernahkah kalian membayangkan timeline masa depan? ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, tentang timeline masa depan : komputer (part 1)



setidaknya inilah yang dilakukan oleh berbagai peneliti belakangan ini. peneliti dari berbagai bidang, biologi, astronomi, politik, sosial, hukum, sampai dengan perkembangan teknologi yang memiliki kemajuan paling pesat diantara yang lain. ini bukan musyrik loh, artinya bukan berarti ini adalah ramalan, mentang-mentang menggambarkan setidaknya masa depan yang masih jauh. tapi, hikmahnya bisa diambil untuk menjadi inspirasi, inovasi bahkan pelajaran untuk mengantisipasi dampak yang akan terjadi. dan ini semua berasal dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh pihak yang tentu saja berkompeten.


ada beberapa timeline future yang telah dipublikasikan sebelumnya, dan salah satunya adalah tentang masa depan alam dan dunia biologis. timeline di atas menggambarkan hal yang telah terjadi (2013) dan mungkin akan terjadi (2014-2090)

2013
  • tidak bisa dipungkiri bahwa cina telah merubah perekonomian dan industri dunia menuju ke arah ASIA. negara-negara adidaya seperti yang ada di benua eropa dan amerika, belakangan ini dilanda oleh krisis berkepanjangan, dan sekarang cina mengambil alih sebagian kekuasaan itu. namun, tahukah kalian? kalau cina, gak cuma menang di ekonomi doank sekarang, tapi lembaga riset di sana juga dikembangkan begitu pesat. walaupun kita juga tahu bahwa begitu banyak penemuan-penemuan luar biasa yang dimulai dari masyarakat cina sejak zaman dahulu, tetapi sekarang, di bidang riset sains misalnya, cina sudah sangat maju.
2014
  • pengembangan genom sudah memasuki tahapan "bisnis". artinya bahwa kita bisa mendapatkan ke semua gen kita dengan harga yang relatif murah, kalau dalam istilah sananya sih "under $100". buat yang belum tahu nih, genom atau lebih dikenal dengan sebutan gen, adalah salah "zat" pembentuk terkecil dari sebuah sel. nah, infor dari kemenristek nih Proyek pengembangan gen ini melakukan penelitian tentang urutan tiga miliar unsur kimiawi yang membentuk gen manusia. Para ahli biologi yang ikut serta harus bisa melakukan semacam transisi. Secara tradisional, mereka biasanya hanya meneliti satu macam gen. Sekarang ada puluhan ribu gen yang jadi objek penelitiannya. Kalau berhasil, beberapa tahun lagi para ilmuwan akan bisa menghitung perilaku sebuah sel atau bahkan satu makhluk hidup. Mereka juga bisa mengalkulasi bagaimana perubahan di satu unit DNA mempengaruhi kinerja atau kesehatan manusia. Hasilnya kelak sangat berguna dalam memahami gen dalam tubuh manusia serta untuk dunia pengobatan.
2015
  • tikus yang mati sudah bisa dihidupkan kembali. peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menjelaskan bagaimana mereka membangkitkan kembali jantung tikus yang telah berhenti berdetak. Penelitian ini bukan sekadar percobaan pada tikus. Tujuan utama transplantasi sel jantung ini adalah untuk menekan angka kematian akibat serangan jantung di dunia. Ke depannya diharapkan hasil dari tes ini bisa digunakan untuk mengobati para penderita penyakit jantung. selain itu, Para  ilmuwan di Kobe Jepang, juga berhasil menghidupkan kembali tikus yang telah dibekukan 16 tahun. nah, bisa jadi nanti makhluk purba lainnya yang udah memfosil, bisa dibangkitkan lagi ya? kebayang gak kalau pas lagi jalan-jalan nanti terus di pinggir jalan ada mammoth, T-rex, naga, naga-naga *loh... dan tidak menutup kemungkinan manusia yang telah mati juga bisa dihidupkan lagi ya? 
2018
  • es di samudera (atau sebagian orang suka nyebutnya sekedar laut saja) arktik menjadi cair. fenomena ini sih bukan sesuatu yang luar biasa lagi, walaupun arktik berada di sekitar lingkar kutub utara yang notabene bakalan dikepung es mulu, tapi beberapa penelitian menyimpulkan dengan global warming (atau sebagian berteori ini adalah siklus bumi) menyebabkan es-es yang di arktik ini akan meleleh. the Catlin Arctic Survey data menyebutkan bahwa arktik akan menjadi daerah "bebas es" selama musim panas sekitar tahun 2020. dan tentu saja ini tidak hanya berdampak bagi orang-orang yang gak bisa main ski lagi di lautan yang membeku ini, tapi juga tentu saja mempengaruhi iklim dan air laut di daerah sekitarnya.
2020
  • mata bionik mudah ditemukan. buat yang belum tahu, mata bionik itu adalah mata buatan yang fungsinya untuk menggantikan mata sungguhan. Menurut para perancang dan peneliti dari industri Autralia, alat tersebut bisa membantu ribuan orang yang dalam kegelapan melihat bentuk dan cahaya lagi, dengan kata lain mata bionik tersebut diperkirakan berpotensi membantu  orang buta untuk bisa melihat kembali. luar biasa bukan? tapi tentu saja, cara kerjanya sedikit berbeda dengan mata asli. Mata bionik tersebut mengambil gambar dan keterangan dari kamera digital yang dilekatkan padanya dan memproses semua itu menjadi sinyal, yang akan dikirim nir-kabel ke satu mikrocip yang dipasangkan di otak penerima. jadi pas 2020 nanti jangan mikir buat membuang-buang mata asli kalian mentang-mentang udah ada mata bionik, syukuri dan jaga mata mulai dari sekarang.
2021
  • pernah denger laut aral gak? laut itu sebenernya adalah danau yang beradai di asia tengah, tepatnya diantara kazakhstan dan uzbekistan. pas tahun 60-an, laut (danau) ini menyusut karena sungai yang seharusnya mengalir ke laut (danau) ini dialirkan ke tempat proyek irigasi punyanya uni soviet. nah, pas tahun 2007, sisanya tinggal 10%, dan nanti sekitar tahun 2021 (jika Tuhan menghendaki) maka laut (danau) aral akan benar-benar kering.
2070
  • kloning manusia akan bertebaran di muka bumi. kayak fiksi ilmiah ya? tapi hal ini bukan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. bahkan sekarang saja, kloning bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. tetapi karena perbedaan prinsip (tentang konsep kekuasaan Tuhan dan takdir yang dimiliki oleh manusia) makanya kloning hanya ada sebatas dalam laboratorium saja. tapi, diperkirakan pada tahun 2070, kloning manusia akan bebas dimanfaatkan. jadi, pas 2070 nanti, gak akan laku gombalan "kamulah satu-satunya di dunia ini".
2090
  • awal dari zaman es akan kembali muncul. zaman es asal tahu aja adalah siklus bumi yang akan terus berulang selama bumi ini masih hidup (entah sampai berapa tahun lagi). begitu juga dengan global warming. nah, sebenarnya ini tergantung dari bagaimana kita sejak sekarang sih melindungi bumi tercinta ini agar bisa bertahan lebih lama. buat yang berencana hidup sampai tahun 2090, nanti bangun rumahnya pakai perapian banyak-banyak ya? jangan lupa selimutnya juga...
wow, sudah siap untuk kedatangan hal-hal di atas? :) ... bersambung ke part 3

12 comments:

cucukakek said...

Serupa dg timeline teknologi yg kemarin yah

pedrogondem said...

iya, ini lanjutannya :) kayaknya sampai part 3 aja dibuat hehehe

R said...

mantab gan artikelnya

Anonymous said...

terimakasih mas atas infonya :)

AIKON MEDIA | Tutorial Blog SEO Gokil Lucu Humor said...

siap-siap menyambut masa depan yang penuh kejutan nih.

Unknown said...

meskipun saya gak faham ,, Nice post gan :)

fizzi said...

hihihi... keren, saya barutahu tentang artikel seperti ini. Nice post ^_^ saran saja, templatenya di ganti :)

R said...

mantab gan , semoga bermanfaat yaa

Anonymous said...

Mantap ..

http://ridwan-hex.blogspot.com/2014/01/bule-faster-blogger-template-seo-valid.html

pedrogondem said...

rido : masa sih gak paham? -_-
hafiz : lagi nyari template yang simpel tapi atratktif, ada gak ya?
rifa dan aziz : thanks

Fadlun Arifin said...

Kereeen artikelny

sablon cup said...

mantap, keren artikelnya gan..

www.kiostiket.com

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...