Saturday 4 January 2014

tenggelamnya KMP munawar, salah siapa?


kecelakaan tenggelamnya KMP munawar
ilustrasi kapal tenggelam
awalnya gue gak percaya mengenai insiden tenggelamnya KMP munawar, yang mengakibatkan tidak hanya NTB yang berduka namun seluruh Indonesia. pasalnya, selama ini belum pernah gue denger kalau tuh kapal ferry pernah tenggelam di perjalanan kayangan-pototano.

info pertama sih dari BBM. kemarin teman-teman yang dari lombok, broadcast yang kurang lebih isinya "telah terjadi kecelakaan tenggelamnya kapal ferry tadi pagi dalam perjalanan dari kayangan-pototano. 11 penumpang ditemukan, sisanya hilang. bagi yang memiliki keluarga yang melakukan perjalanan tadi pagi ke sumbawa, silahkan untuk memberitahu. silahkan disebarkan, maaf bc..."

karena gue salah satu orang yang paling sebal dengan broadcast aneh, apalagi promote-promote gak jelas gitu, yaudah gak dihiraukan aja kan. nah, entah dapat angin darimana, beritanya tersebar lebih dulu di facebook dan situs berita online, bahkan menjadi salah satu berita pilihan. setelah membaca lebih jauh, ternyata itu berita memang benar dan membuat gue kaget bener. maklum, selama ini, walaupun gue orang lombok timur yang merupakan tempat pelabuhan kayangan, untuk menyeberang ke pototano-sumbawa, gue sama sekali gak pernah naik kapal ferry itu, eh...tepatnya gue gak pernah sama sekali ke sumbawa deng -_- entah karena gak pernah ada waktu, atau kurang gaul atau mungkin gak ada duit *ngenes , tapi sejujurnya gue cuma mendengarkan cerita tentang perjalanan ke sumbawa dari mulut ke mulut.

karena takut ada yang bilang "no foto = HOAX" , ini nih sedikit screen shoot mengenai diskusi KMP munawar di salah satu forum kab. Lombok Timur di facebook : (thread postingan dibuat oleh "amaq sandi rinjani" yang merupakan salah satu pekerja media yang telah mendapatkan penghargaan dari presiden SBY, lupa sih itu penghargaan apaan yang jelas berkaitan dengan dunia jurnalis gitu)

screenshoot

nah dari percakapan itu, berdasarkan pengalaman sebenarnya, bahwa yang namanya KMP munawar atau mungkin kapal ferry lain yang beroperasi melayani penyeberangan LOMBOK TIMUR-SUMBAWA, sudah terlalu tua atau mungkin sering tidak di kontrol persiapan pemberangkatannya. yang penting berangkat aja, gitu...

jika hal ini termasuk dalam "membuka aib' saya mohon maaf  (kok jadi saya, tadi kan pake gue, hadeeehhh -_-) namun satu-satunya tujuan gue di sini (nah pake gue lagi -_-) adalah untuk berbagi info dari sudut pandang sendiri aja ya, semua tanggung jawab ada di tangan blogspot *amin

kabarnya Kapal ini tenggelam pada posisi 5 mil dari Dermaga Kayangan. Kapal tenggelam saat menyeberang dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Kapal ini membawa 20 penumpang, belum termasuk sopir dan kenek kendaraan besar yang dimuat di dalam kapal, kemudian 2 mobil pikap, 5 truk besar, 1 truk sedang dan 4 kendaraan roda 2. ABK berjumlah 19 orang semuanya selamat. dan kabarnya lagi, total semua penumpang lebih dari 100 orang.
innalillahi, semoga semuanya selamat...amin!

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...