Tuesday 7 January 2014

akhirnya kapal penolong XUE LONG pun ditolong


US. ice breaker, the polar star
U.S ice breaker, The Polar Star
 masih ingat kejadian kapal penolong "xue long" yang berniat untuk menolong kapal the Akademik Shokalskiy? nah kedua kapal tersebut akhirnya terpaksa harus ditolong juga oleh sebuah kapal pemecah es lainnya milik amerika, The polar star. the polar star memiliki tugas utama untuk membuat "jalan" dengan memecahkan es di laut yang telah membeku di daerah antartika agar kedua kapal yang tengah terperangkap tersebut bisa lepas dari perangkap es alami tersebut.

nah, kapal The Polar Star, ini sepertinya memang di desain menjadi kapal pemecah es yang beroperasi di sekitar australia dan lautan antartika. kapal ini berangkat pada hari minggu kemarin, dan diperkirakan bakal sampai ke TKP seminggu kemudian. waktu yang cukup lama untuk menunggu bagi 133 awak kapal yang terperangkap di tengah lautan es.
kabarnya the polar star ini, memiliki panjang sekitar 120 meter dengan kecepatan maksimum pada 18 knot dan bisa memecahkan gumpalan es yang memiliki ketebalan 6,4 meter. semoga kapal ini benar-benar bisa membantu kedua kapal lainnya ketika tiba di antartika nanti. bukannya malah ikutan terperangkap seperti kapal xue long sebelumnya. 
rangkuman kejadian terperangkapnya kedua kapal yang akan ditolong ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini : 
SUMBER : http://www.bbc.co.uk/news

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...