Sunday 5 January 2014

kapal "penolong" XUE LONG malah harus "ditolong"

kapal penolong "XUE LONG"

naas menimpa kapal penolong XUE LONG di perairan antartika. niat baik ingin menolong malah menjadi kapal yang seharusnya ditolong juga. kejadian ini terjadi bermula dari berangkatnya kapal "The Akademik Shokalskiy" , milik rusia pada tanggal 28 november kemarin. nah, kapal ini digunakan oleh AAE ( Australasian Antarctic Expedition ) buat ngikutin rute penjelajahan antartika dari Douglas Mawson sekitar 100 tahun yang lalu.


dilancir dari bbc news, masalahnya terjadi dimulai sejak 24 desember, sekitar sebulan setelah perjalanan dimulai. ketika memasuki lingkaran antartika, tuh kapal ternyata terperangkap sama gumpalan es dari air yang membeku disertai dengan angin yang kencang (kebayang gak, ada es, air dingin, angin kencang? filek banget dah). ini terjadi  sekitar 1.500 mil selatan hobart.

setelah itu, datanglah bantuan dari kapal XUE LONG sebagai kapal pemecah es untuk membantu kapal The Akademik Shokalskiy. ternyata, kapal XUE LONG pun tidak bisa membantu, malah ikutan terperangkap di lautan gumpalan es itu *ngenes. akhirnya, untuk menolong penumpang yang ada di kapal The Akademik Shokalskiy, digunakan helikopter yang dibawa oleh kapal XUE LONG untuk mengangkut penumpang yang ada di kapal The Akademik Shokalskiy.
penumpang The Shokalskiy yang diselamatkan oleh helikopter penolong

walaupun begitu, namun alhamdulillahnya itu awak dan kapalnya masih dalam keadaan baik-baik. hal itu dikonfirmasi langsung dari kapten kapal XUE LONG ke Australian Maritime Safety Authority (Amsa). tujuan utama untuk menolong penumpang The Akademik Shokalskiy pun tetap dilakukan, tidak ada rotan akar pun jadi. sekitar  52 penumpang telah diselamatkan ke daerah Aurora Australis kamis kemarin. namun, 22 awak di The Shokalskiy dan 111 awak di XUE LONG masih diam di kapal masing-masing untuk menunggu es mencair untuk kemudian bisa kembali ke tempatnya masing-masing.

4 comments:

cucukakek said...

sumber beritanya dari mana om ?

pedrogondem said...

bbc.co.uk bro, bisa dilihat di sana

Goiq said...

begitulah hidup bro...

pedrogondem said...

emang hidup gimana bro? hohohoh

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...