Sunday 4 October 2020

Kuliah Online, Trend Baru Yang Sudah Ada Sejak Lama

Peniadaan Kegiatan Belajar Mengajar baik di tingkat perguruan tinggi maupun sekolah dasar dan menengah beberapa bulan terakhir ini dinilai menjadi keputusan yang tepat untuk mengurangi kontak dan mengurangi kerumunan massa pada masa pandemi Covid-19. Semua kegiatan belajar mengajar seperti perkuliahan, diskusi dan kegiatan lain yang sejenis diupayakan untuk tetap berjalan dengan melakukan berbagai penyesuaian.

 

Sebagai seseorang yang sudah 2 tahun melaksanakan perkuliahan secara online, menurut saya ini tidak berpengaruh ke pendidikan yang sedang saya tempuh. Tapi, saya gak pernah nyangka sih, kalo yang namanya kuliah online itu akan menjadi solusi utama metode pendidikan formal yang diberlakukan di Indonesia. Secara, dulunya metode ini dianggap sebagai "kuliah-kuliahan"

Kuliah Online dari Rumah

Saya jadi teringat awal tahun 2018, ketika pertama kali memutuskan untuk melanjutkan perkuliahan secara online. Saya yang lulusan D3, tidak dapat menyangkal bahwa gelar dan pendidikan formal masih menjadi salah satu syarat utama dalam mencari pekerjaan. Walaupun pada saat itu saya sudah bekerja di salah satu instansi pemerintahan sebagai tenaga honorer, namun untuk bisa melamar menjadi PNS atau perusahaan swasta di Lombok ini, sebagian besar yang dibutuhkan adalah minimal bergelar S1. Sehingga, tidak dipungkiri, selain menambah ilmu dan wawasan dalam pendidikan formal, mendapatkan gelar S1 adalah salah satu motivasi saya untuk berkuliah lagi.

Masalah 1

Posisi saya sebagai pegawai di salah satu instansi pemerintahan membuat saya sulit untuk melanjutkan pendidikan formal karena jadwal kuliah sudah pasti bertabrakan dengan jadwal bekerja. Memang ada sih kampus swasta yang membuka kelas karyawan yang dijadwalkan setiap sabtu minggu, tapi kalau begitu saya tidak akan ada waktu istirahat selama seminggu dan tidak ada waktu dengan keluarga. Selain itu,  akreditasi dari kampus atau program studi yang ada semuanya masih jauh dari harapan.

Solusi 1

Kuliah secara online merupakan jalan keluarnya.

Masalah 2

Namun, kampus yang menawarkan kuliah secara online yang saya tahu pada saat itu, ada di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Sedangkan saya berdomisili di Lombok Timur. Untuk mendaftar saja perlu biaya akomodasi, waktu yang lama, izin tidak masuk bekerja, dan menguras tenaga. Sepertinya tidak memungkinkan untuk saya. Belum lagi biaya kuliah yang cukup mahal untuk program studi yang ditawarkan.

Solusi 2 

Kuliah di Universitas Terbuka. Saya benar-benar baru tahu saat itu bahwa universitas terbuka ini adalah kampus negeri, sudah terakreditasi dan memberikan perkuliahan secara online. Bahkan untuk sekedar mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di kampus ini pun bisa full secara online.

Dan bagi saya yang sudah mau menyelesaikan program ekstensi, dari D3 ke S1 selama 5 semester ini, merasa bahwa kuliah online ini sudah menjadi "hidangan" sehari-hari. Tidak merasa aneh sedikitpun. Bahkan semenjak awal didirikan tahun 1984, Perkuliahan secara daring ini sudah dilaksanakan. Namun, karena mungkin masih dirasa baru oleh sebagian besar mahasiswa, kuliah secara daring dirasakan banyak kendala.


Masalah 3

Salah satu kendala utama dalam kuliah daring adalah jaringan internet. Tidak dapat dipungkiri, semenjak pertama kali mengikuti perkuliahan secara online, jaringan internet menjadi kebutuhan utama dalam pendidikan ini. Bahkan saya sebelumnya, bukan "kuliah dari rumah" lagi, tapi "kuliah dari kantor". Karena saya, sepulang kantor harus menyisihkan waktu lebih lama untuk menggunakan internet di Kantor supaya bisa berkuliah. Entah itu untuk diskusi virtual, absensi, webinar atau bahkan hanya sekedar mengecek tugas dari dosen.

Solusi 3

Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel




Kenapa ?

Karena, dengan harga mulai Rp 20.000 doang, sudah bisa dapat unlimited browsing, chatting, gaming, streaming, sosmed bahkan sampai tiktok juga. Gak cuma buat kuliah, tapi bisa bikin tetep eksis di dunia persosmed-an ria dengan #GayaUnlimited. Bebas gaya tanpa batas.








Semenjak saya pertama kali pakai kartu ini, saya mendapatkan pengalaman jaringan internet yang Murah, Kenceng dan Tak terbatas. Jadi semakin lancar juga perkuliahannya deh. Nah, buat kamu yang masih berstatus mahasiswa dan kuliahnya secara online / daring, saat nya beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel, bisa jadi solusi yang pas banget.

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...