Thursday 2 November 2017

Wajah Baru Kebun Raya Lombok

Kebun raya lemor, wisata lombok timur, kebun raya lombok

Wajah Baru Kebun Raya Lombok

Lombok, sebagai salah satu destinasi wisata belakangan ini memang sedang ramai-ramainya didatangi oleh masyarakat, gak cuma dari dalam negeri tapi juga sampai luar negeri. Banyak lokasi wisata yang dibangun dan tidak sedikit juga yang dipercantik. Salah satunya adalah Kebun Raya Lemor, Lombok Timur.
Kebun Raya Lombok, yang berada di Dusun Cempaka, Desa Suela Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Sekitar 40 menit dari pusat kota Selong. Dan yang pengen saya ceritain di sini bukan detail dari Kebun Raya Lomboknya, karena itu informasinya bisa didapatkan di berbagai tempat. Bahkan sudah masuk dalam berita National Geographic dan situs resmi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Liburan Keluarga Asyiknya di Kebun Raya Lombok

Kebun raya lemor, wisata lombok timur, kebun raya lombok

Sabtu, 21 Oktober 2017, keluarga besar pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur, mengadakan arisan seperti biasa. Yang tidak biasa adalah jam, yang ikut dan tempatnya. Biasanya arisan diadain ketika jam kantor, tapi ini setelah jam kantor. Biasanya arisan yang hadir cuma pegawai negeri, ini sama keluarganya. Biasanya arisan ini diadain di aula kantor, ini di sebuah tempat wisata yang sedang trend di Lombok Timur, Kebun Raya Lombok.

Benar-benar rekreasi keluarga bagi saya, karena ini pertama kalinya saya liburan dengan "keluarga" yang begitu banyak. 

Kebun raya lemor, wisata lombok timur, kebun raya lombok

Sesampainya di Kebun Raya Lombok, saya kaget. Jujur, saya sempat kaget, karena melihat perubahan yang begitu drastis. Dari dulunya yang hanya kebun, malah bagi saya lebih mirip hutan, sekarang sudah tertata begitu rapi. Bahkan ada tempat parkirnya. Pepohonan yang tertata rapi dengan taman berhias rumput yang begitu luas memanjakan sejauh mata memandang. 

Kabarnya sejak tahun 2007, Tim dari LIPI telah melakukan riset di NTB dan NTT, dan Hutan Lindung Lemor dinyatakan layak serta terpilih menjadi kebun raya, tidak heran sekarang lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Dan yang lebih membanggakan lagi, Kebun Raya Lombok merupakan kebun raya pertama (dan saat ini merupakan satu-satunya) yang dibangun di kawasan bioregion Sunda Kecil (Lesser Sunda Islands).

Koleksi Tumbuhan dan Fasilitas di Kebun Raya Lombok

Kebun raya lemor, wisata lombok timur, kebun raya lombok


Kabarnya, Kebun Raya Lombok seluas 130 Ha ini memiliki 1.227 spesimen, mulai dari tanaman anggrek 30 genus, 42 spesies, dan 90 masih sp. Untuk tanaman non anggrek ada 31 famili, 126 genus, 115 spesies dan 121 masih sp. 

Saat ini, Kebun Raya Lombok dalam tahap peningkatan fasilitas dan penambahan koleksi tumbuhan, hal ini sangat dimaklumi karena untuk mengisi kebun raya ini gak seperti mengisi dagangan di toko yang tinggal di beli. Butuh waktu bertahap sampai bertahun-tahun.

Walaupun begitu untuk sekedar rekreasi keluarga plus mencari spot foto, Kebun Raya Lombok sudah terbilang cukup memadai. Mulai dari hamparan rumput yang begitu luas, taman anggrek, kebun mangga, cokelat, kopi, pisang dan lain-lain sudah tertata dengan baik. Belum lagi tempat berfoto yaitu taman buah lokal yang sedang dibangun, merupakan tempat beristirahat yang cukup bagus. Kantin kecil-kecilan untuk sekedar meredakan perut yang lapar pun sudah ada. Fasilitas tempat sampah, toilet dan musholla pun sudah tersedia di sini. Gak heran, lokasinya bersih. Bahkan saya pun duduk tanpa pake alas. Adem!

Kebun raya lemor, wisata lombok timur, kebun raya lombok
Sebenernya pengen lama-lama sih di sini, tapi karena ini bareng temen-temen kantor yaudah ikutin aja deh. Tak terasa, dari jam 12.00 - 14.00 berjalan begitu cepat. Makan-makan, jalan-jalan dan foto-foto serta bersenda gurau benar-benar asyik di tempat ini. Seru. Begitulah kesan saya. Pengen ke sana lagi deh bareng kamu. iyaaaaaaaa... kamu!!!

12 comments:

tantiamelia.com said...

wooow, beneran nih, jadi pingin ke Lombok

Unknown said...

Aku belum ke sini wkwkwk
Padahal lewat teteuuup 😄😄😄

Lida Noor said...

Kalau dari Mataram jauh kah?

pedrogondem said...

lumayan mbak, sekitar 70 Km an lah

pedrogondem said...

mampir dong hehehe

pedrogondem said...

ayo mbak, dateng ke sini, hehehe

ayahblogger said...

Kebun Raya Lombok seluas 130 Ha ini memiliki 1.227 spesimen, mulai dari tanaman anggrek 30 genus, 42 spesies, dan 90 masih sp. Untuk tanaman non anggrek ada 31 famili, 126 genus, 115 spesies dan 121 masih sp. Wah kalo koleksi tanaman sebanyak ini rekomendasi juga buat jalan anak-anak ya.

RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS said...

Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, e.t.c. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

Regards:
Company: RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
PIN BB: (e32ddf1e)
WhatsApp:(+447454810709)
Blogger: (ramadhanislamiyatloanz.blogspot.com)
Mother: Anita Ervina (CEO)

Mohammad Ismali said...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

aditya.aulia139@gmail.com said...

Assalamualaikum Wr. Wb

Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

OKTA MIRA said...

Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu sebanyak Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000.00 kepada pemberi pinjaman yang curang sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali untuk memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah sebesar Rp850.000.000,00 bersamaan dengan Rm247413.75 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga cukup wang untuk membiayai perniagaan saya sendiri terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi ketenaran
Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...