Saturday 7 October 2017

Bersama UKM yang Hebat, Kesejahteraan Rakyat Meningkat


yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
Kick off Sektor Unggulan UKM Kuliner Mataram bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra
Apa yang pertama kali terbersit di benak kalian ketika mendengar kata "UKM" ?

  • usaha kecil ?
  • sederhana ?
  • atau malah kualitas rendah ?
Well, gak semuanya salah. Gak semuanya benar juga. Lebih tepatnya UKM ini adalah unit usaha yang sedang merangkak, berjalan dan mungkin bahkan berlari, yang perlu dibimbing dan dibantu menuju unit bisnis yang lebih besar.

Eh, yang belum pada tahu, UKM itu singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah. Biasa kita menyebutnya "Bisnis kecil-kecilan" padahal jangan salah, omzet mereka bisa mencapai 1-2 juta / hari loh. Walaupun omzet mereka besar, namun masih banyak sekali hal yang perlu ditingkatkan bagi UKM ini, mulai dari manajemen keuangan, produksi, kesehatan dan sumber daya manusia. Melihat hal ini, YDBA (Yayasan Dharma Bhakti Astra) membina UKM-UKM yang ada di seluruh Indonesia agar bisa meningkatkan kompetensi sehingga bisa bersaing di era globalisasi ini. 

Salah satu program pembinaan yang diluncurkan oleh YDBA adalah Sektor Unggulan. Program ini sih lebih difokuskan sama pembinaan satu sektor UKM saja yang bersifat homogen, dengan harapan kenaikan kelas dan keberlanjutan bisnis UKM dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Nah, kemarin Jumat, 6 Oktober 2017 ini saya diundang oleh YDBA untuk bisa melihat langsung salah satu UKM binaannya.
"JAM 8 PAGI HARUS SUDAH KUMPUL DI GEDUNG PPKP MATARAM"
Begitulah instruksi koordinator blogger yang mengundang. Berangkatlah saya jam 06.30 pagi. FYI, Selong - Mataram itu jaraknya sekitar 60 Km, sekitar 1 jam setengah lah pake kendaraan bermotor. Kadang-kadang kalo sering bolak balik mataram gini saya pengen jadi The Flash atau Quicksilver deh. Capek. 
skip
skip
skip
Dengan modal koordinator google maps yang di berikan yang dibantu dengan sinyal 4G dari XL, sangat mudah menemukan lokasi perkumpulan. Maklum, walaupun sering ke Mataram, ini baru pertama kalinya saya ke lokasi ini. Terima kasih XL *Loh. Akhirnya sampailah saya di TKP jam 7.59 lebih 19,44 detik :v 
skip
skip
skip (lagi) (karena blogger kalo udah ngumpul itu gak bisa diem, buat yang blogger pasti pada tahu)

Panitia mengajak kami menuju ke lokasi UKM. Tepatnya di BTN Griya Pagutan, Mataram. Di sana, kami disambut sama Ibu Wagini, yang merupakan pelaku usaha catering dengan merk "Bu Kus". Ternyata, Bu Wagini, yang merupakan UKM binaan YDBA ini sudah melakukan usahanya sejak tahun 2009. Berawal dari menjual roti ke warung-warung, toko-toko dan di seputaran Udayana Mataram, usaha bu Wagini sekarang sudah lumayan besar. Bahkan YDBA memberikan pembinaan berupa sekolah memasak ke berbagai daerah untuk meningkatkan kualitas makanan bu Wagini. Saya, sebagai pelaku usaha yang masih "bayi" melihat kemajuan bu Wagini ini langsung ngecess... eloran .... sampe tumpeh-tumpeh! pengen banget dah bisa kayak gini!
yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
izin dan penghargaan catering "Bu Kus"

yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
Bu Wagini, sedang menjelaskan SOP pemesanan cateringnya

Kemudian, Pak Henry (ketua YDBA) lebih semangat lagi menjelaskan mengenai YDBA kepada kami para blogger dan pelaku UKM. Beliau (jiaaaaahhhh) menjelaskan kalo YDBA ini dibentuk sejak tahun 1980 bahkan sebelum adanya kewajiban CSR bagi perusahaan besar. Adapun 4 hal penting yang dilaksanakan oleh YDBA ini adalah pelatihan, pendampingan, mempertemukan pelaku UKM dengan pasar dan yang terakhir adalah mempertemukan pelaku UKM dengan finance. Harapannya sih dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas UKM ini, UKM menjadi lebih kuat dan tahan banting. Dengan begitu, semakin banyak tenaga kerja yang bisa direkrut, mengurangi pengangguran dan bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang ada. Bagus banget sih, dengan begitu secara tidak langsung begal akan berkurang dan sarjana yang gengsi-an ngebet jadi PNS juga berkurang. HAHA!

yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
Pak Henry, menjelaskan tentang Program Sektor Unggulan UKM
Dan pada saat itu juga, ketua YDBA, koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mataram serta perwakilan dari UKM menandatangani nota kesepakatan yang menunjukkan komitmen bersama untuk mengembangakan UKM kuliner di Mataram. Sektor unggulan di LPB Mataram melibatkan 35 UKM yang bergerak di bidang kuliner. Nah, kerennya lagi nih, sekarang UKM kuliner mitra LPB Mataram sudah tergabung loh dalam sebuah koperasi yang diberi nama Koperasi Serba Usaha (KSU) Cabe Rawit yang telah berhasil memasuki outlet Indomaret di Matarm. Keren yahh, saya pengen nanti keripik talas "loh mak?" bisa juga seperti ini, hahahaha...

yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
penandatangan nota kesepakatan YDBA, LPB dan UKM Mataram
Dan, sebelum pulang, kita diberikan oleh-oleh berupa produk satu buah "goodie BOX" olahan buatan UKM yang ada di mataram. Nih penampakannya gan :
yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
sebelum di unboxing
yayasan dharma bhakti astra, ydba, Hebatnya UKM, UKM KULINER LOMBOK, BLOGGER KULINER LOMBOK, PPKP MATARAM, catering bu kus
setelah di unboxing (dan dimakan satu bungkus)

11 comments:

Lazwardy Perdana Putra said...

Enak dpt oleh2 hehehe... Suatu saat sya jg pngen punya usaha mandiri.. Amiiinn

pedrogondem said...

aminnnnn semoga tercapai mas,

bunsal said...

Ngeces liat kopinya..

Bravo UKM Mataram.
Semoga semakin sukses dan masing-masing usaha semakin berkembang pesat.
Aamiin.

Mugniar said...

Wah keren, blogger Lombok. UKM-nya pun keren. Semoga UKM di sana semakin maju yaa.

Tukang Jalan jajan said...

Keren nih, UKM dapet support dari pemerintah dan masyarakat pasti akan semakin maju dan berkembang

priangga otviapta said...

Wah keren sekarang, tapi emang harusnya begini biar ekonomi di Indonesia cepat maju

pedrogondem said...

aminnnnn

pedrogondem said...

aminnnn mbak

pedrogondem said...

iya, alhamdulillah dapet dukungan

Arab Credit Group said...


Assalamualaikum wr.wb


Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.


Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com
Pin BBM: {E39B5EE5}

OKTA MIRA said...

Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu sebanyak Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000.00 kepada pemberi pinjaman yang curang sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali untuk memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah sebesar Rp850.000.000,00 bersamaan dengan Rm247413.75 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga cukup wang untuk membiayai perniagaan saya sendiri terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi ketenaran
Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...