Sunday 3 September 2017

Menyambangi Kampung Adat Limbungan

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok
Rumah Adat Limbungan
Apakah di tempat kalian masih ada rumah seperti ini? mungkin sudah sangat jarang ya atau mungkin sudah tidak ada? ini rumahnya dari tanah liat, pagarnya dari bambu dan atapnya dari jerami. Dulu, sekitar tahun 90-an, ketika saya masih umur 6-7 Tahun, rumah ini sih masih ada beberapa di kota Selong, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Kalo di Lombok, rumah seperti ini disebut juga "bale bdek". Sekarang, rumah seperti ini sudah menjadi rumah adat. Dan salah satu rumah adat yang keasliannya terjamin dari zaman dahulu kala, berada di Dusun Limbungan.

Dusun Limbungan Timur dan Limbungan Barat, salah satu lokasi rumah adat yang menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Lombok Timur ini, merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Perigi Kecamatan Suela. Rumah masyarakat yang secara turun temurun mempertahankan bentuknya seperti ini kini menjadi destinasi wisata. Dan untuk Pertama kalinya, saya berkesempatan untuk mendatanginya.

Jadi ini tuh gara-gara ada undangan dari KKN Universitas Mataram (ceritanya saya di sini sebagai orang penting. inget, cuma ceritanya...) untuk menghadiri Festival Limbungan. Dalam hati "baru denger ada festival limbungan, mana gak tahu jalan ke sana lagi". Akhirnya, layaknya generasi "Z" pada umumnya, tanpa perlu bertanya ke tetangga, saya pun pergi ke lokasi mengandalkan google maps. 

Berangkat dari Kota Selong (ceilehhhh... KOTAAAAA!!!) menuju ke Suela. Setelah di cek menggunakan google maps, jaraknya sekitar 28 Km atau 40 menit perjalanan. Lumayan jauh sih. Karena ini acara di hari libur, ya pastinya dresscode-nya juga yang bebas tapi rapi dan sopan. Perjalanan menuju Dusun Limbungan ini bisa ditempuh melalui dua jalur (berdasarkan google maps sih gitu).
  1. Selong - Sukamulia - Aikmel - Wanasaba - Pringgabaya - Jalan Raya Labuhan Lombok - Suela
  2. Selong - Korleko - Pringgabaya - Jalan Raya Labuhan Lombok - Suela
Saya memilih jalur yang kedua karena lebih cepat dan lebih sepi juga. Dipandu oleh google maps dan sinyal XL yang begitu kencang dan luas dari Selong sampai ke Suela, saya pun tidak kesulitan menemukan Rumah Adat Limbungan ini.
Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok
papan penunjuk jalan ke limbungan
Jalan menuju rumah adat ini sudah bagus, teraspal dengan baik dengan view gunung rinjani. Berhubung saya datang di musim panas, kiri-kanan jalannya pun gersang. Dan panas pastinya. Dan jangan heran, jalannya juga agak menanjak, karena rumah adat ini berada di daerah perbukitan atau dataran tinggi.
Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Sesampainya di Kawasan Rumah Adat Limbungan ini, saya beserta rombongan disambut oleh "gendang beleq", salah satu kesenian musik khas Lombok. Sebenarnya sih, gak setiap hari kalo dateng ke tempat ini akan disambut oleh gendang beleq. cuma di waktu-waktu tertentu saja seperti adanya festival dan acara-acara besar gini. Jadi, kalo nanti kalian datang ke sini, tapi tidak disambut gendang beleq, yang sabar ya .... *pukpukpuk
Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok
gendang beleq untuk menyambut tamu
Tidak cuma gendang beleq, anak-anak kecil berparas cantik dengan baju adat khas Sasak pun menyambut saya beserta rombongan. Yaudah, daripada ketinggalan momen, saya ajak aja berfoto. Siapa tahu kalo udah gede, mereka bisa menjadi Ketua Umum Partai *hahaha
Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok
saya (bukan) yang duduk di atas tembok batu
Di Desa Perigi ini, ada 2 dusun yang menjadi objek wisata tempat rumah adat yaitu Dusun Limbungan Timur dan Dusun Limbungan Barat. Mata pencahariaan masyarakat di Dusun ini adalah sebagai petani tembakau. Tidak heran ketika saya ke sini, masyarakat sedang merajang, menjemur dan merapikan tembakaunya. 

Sebenarnya, ada acara seminar yang harus saya ikuti mengenai pengembangan destinasi wisata di tempat ini. Namun, karena saya penasaran banget sama rumah adat Limbungan ini, saya pun memisahkan diri dengan tamu lainnya untuk berpetualang keliling rumah adat limbungan ini. Tanpa kesulitan mencari "guide" lokal, yang merupakan anak-anak kecil di dusun ini, saya pun berkeliling dengan leluasa ke rumah adat ini. Maklum, bahasa saya dengan penduduk di rumah adat ini masih sama, jadi sangat mudah untuk bergaul. Ada sekitar 160-an rumah adat, yang bagi masyarakat setempat adalah rumah pribadi, karena mereka merasa itu rumah biasa pada umumnya. Bentuknya rata-rata sama dan mirip. Tembok dari tanah, alas tanah, pagar bambu, dan atap dari daun kelapa kering, atau disebut "bobokk". Kemudian beberapa keluarga memiliki "berugak" atau gazebo sebagai tempat berkumpul atau bekerja.

Biar semakin gak penasaran, nih beberapa foto hasil keliling saya di rumah adat Limbungan ini :
Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Rumah adat Limbungan, rumah adat lombok, destinasi wisata adat, wisata budaya, rumah adat lombok timur, pariwisata rumah adat, rumah adat asli lombok

Festival Limbungan yang diselenggarakan ini gak cuma seminar aja, ada juga pemutaran film mengenai rumah adat, musik tradisional, tari tradisional, kuliner tradisional, seminar dan lain-lain. At least, saya sangat senang bisa datang ke tempat ini. Karena selain masyarakatnya ramah, tempatnya juga mengingatkan kita akan zaman dahulu, orisinalitasnya terjaga tanpa direkayasa dan aman. 

8 comments:

Tukang Jalan jajan said...

Seru banget ya lokasinya. pasti menyenangkan klo wisata ke sana :)

Riswan Zone said...

Pemutaran filmnya asik sepertinya

Ichsan Yudha Pratama said...

Wih jalan2 terus ya bang

bunsal said...

Jadi tergoda nginep di desa cantik ini, berburu momen sunrise atau sunset.

Ngajak anak2 pasti seru juga nih ..

RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS said...

Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, e.t.c. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

Regards:
Company: RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
PIN BB: (e32ddf1e)
WhatsApp:(+447454810709)
Blogger: (ramadhanislamiyatloanz.blogspot.com)
Mother: Anita Ervina (CEO)

fatma said...

KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

Nama saya fatma. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman mereka yang curang.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama ibu Theresa, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: theresaloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: feyzilfatma@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Theresa, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Theresa, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: martinimarais1986@gmail.com sekarang, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak

aditya.aulia139@gmail.com said...

Assalamualaikum Wr. Wb

Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Arab Credit Group said...


Assalamualaikum wr.wb


Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.


Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com
Pin BBM: {E39B5EE5}

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...