Friday 4 August 2017

Perindag Lombok Timur Memberdayakan Masyarakat Desa Lenek Lauk

Pembukaan Bimbingan Teknis Pengolahan Makanan Hasil Pertanian di Kec. Aikmel, Lombok Timur
Lombok Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi NTB yang memiliki jumlah desa terbanyak. Dan sebagai Dinas yang harus membina seluruh masyarakat di seluruh desa, harus bisa stand by loh sepanjang 7 hari seminggu, bahkan sampe diluar jam kantor.



fiuhhhh... tapi asyik juga sih, sebagai orang lapangan (merangkap orang kantoran) bisa kenal dengan masyarakat dari berbagai desa di seluruh Lombok Timur. bayangin, 240-an desa meminta pembinaan dan pelatihan sepanjang tahun! fiuhhhh *lagi :D . Sedangkan Tenaga dan Anggara dari Pemerindah Daerah terbatas. Alhasil, banyak desa pun harus rela mengantri untuk dapat diberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan secara langsung ini. Nah, Kebetulan, di bulan Agustus tahun ini, yang dapet itu Desa Lenek Lauk loh. 

Buat yang belum pada tahu nih, Desa Lenek Lauk ini berada di Lenek tapi sebelah Lauk *lauk apaan dah? . jadi Lauk itu adalah bahasa Sasak untuk menunjukkan arah Timur. Letaknya sekitar 20 Km dari pusat kota Selong atau sekitar 25 menit perjalanan pake kendaraan bermotor. Kalo jalan kaki mungkin sekitar sampai Kaki parises. mungkin. Walaupun Jauh dari pusat kota Selong, tapi sinyal operator telekomunikasi di Desa Lenek Lauk ini sangat bagus. Masih lancar banget. Kebetulan saya pake XL sih yang sinyal 4G-nya emang paling luas di Lombok Timur. Wajar aja. Gak tahu deh kalo operator lain.

anyway, tugas saya di pelatihan kali ini bukan sebagai instruktur atau narasumber. tapi sebagai ...

Tukang Install Kompor!
hehehe... lebih tepatnya sih panitia logistik, yang berkaitan dengan kelengkapan peralatan, kemasan, stiker, dan konsumsi baik peserta maupun panitia lainnya. 

Setelah pembukaan, dilakukan pemberian materi pengantar mengenai cara pengolahan makanan yang baik dan benar menurut kaidah industri dan kesehatan, yang diberikan oleh Kepala Bidang Industri Kimia Agro dan Hasil Hutan, Ibu Siti Hijriani, S.Pi. kalo yang di foto paling atas, beliau yang paling cantik pokoknya *soalnya cuma dia yang cewek yang duduk di depan hihihihi... Peserta Pelatihan yang berjumlah 20 orang ibu-ibu ini pun khusyuk mendengarkan penjelasan dari Ibu Nik (panggilan akrab Ibu Siti Hijriani).


Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari ini direncanakan membuat aneka jenis jajanan ringan dengan bahan baku dari potensi hasil pertanian masyarakat setempat dan bisa langsung dipraktikkan selesai pelatihan. Jadi pelatihan ini menitikberatkan pada pembimbingan wirausaha sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat desa. Adapun jajanan yang dibuat jumlahnya ada sekitar 16 macam, mulai dari abon ikan, abon ayam, stik jagung, stik ubi, stik tahu, manisan tomat, kue prol bolu singkong, dan lain-lain (sengaja nyebut "dan lain-lain" buat ngeles, padahal gak hafal semuanya)
ibu-ibunya lagi praktik nih
lagi goreng-goreng euyyyy...
Ibu-ibu ini terlihat antusias dan semangat dalam menjalankan semua instruksi dari instruktur bimtek (bimbingan teknis) ini sehingga bimtek yang berjalan selama 3 hari ini pun tidak terasa berjalan begitu cepat. Banyak dari peserta yang meminta diajarkan resep tambahan lainnya dan juga ada yang meminta untuk diperpanjang waktu pelatihannya. Setidaknya ini indikasi bahwa Pelatihan yang di arahkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur ini sukses dan tepat sasaran. 

Bimbingan Teknis pengolahan hasil pertanian ini pun ditutup di hari terakhir oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur, Ir. H. Mulyono Selamet (Pak Mul, panggilan akrabnya) dengan memberikan motivasi berwirausaha kepada semua peserta sehingga hasil dari pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai hari itu juga, tapi berkelanjutan sehingga memberikan mata pencahariaan baru bagi masyarakat desa.

Hasil Pelatihan yang Beraneka Ragam
Alhamdulillah, pelatihan kali ini berjalan lancar. Senyum dari peserta pelatihan membuat kami yang sebagai panitia ikut bahagia. tapi sayang, ada yang kurang. Walaupun pesertanya semua cewek-cewek, Gak ada satupun yang gadis. Apalagi kek yang janda. *eh

11 comments:

Armita Fibri said...

Alhamdulillah ya lancar. Hmm.. kue prol bolu singkong sepertinya enak.

Sonya Tampubolon said...

luar biasa ya tugas mas Pedro di acara ini.. sebagai pemasang kompor. hahaha. penting banget tuh! kayaknya acaranya seru nih *secara banyak makanan gitu loh* tapi pas baca kalimat terakhir postingan ini jd turut prihatin deh sm mas Pedro. jiakakakakk

Hermini Yuliawati said...

Wihhh keren,aku juga mau dong diajari masak.

pedrogondem said...

Bukan sepertinya lagi, tapi enak beneran hehe

pedrogondem said...

Hahaha begitulah ... makasi udah turut prihatin :D

pedrogondem said...

Tapi kapan bisa ketemu 😂

Mugniar said...

Keren. Kalo dibikinkan akun Instagram atau di-upload ke YouTube pasti lebih keren, deh. Kan pakai XL, Bang Pedro, mudah internetannya.

Tukang Jalan jajan said...

wih, seru banget... sepertinya banyak yang bisa didapatkan dari pelatihan ini, semoga semuanya sukses jadi pengusaha

charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Arab Credit Group said...


Assalamualaikum wr.wb


Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.


Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com
Pin BBM: {E39B5EE5}

OKTA MIRA said...

Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu sebanyak Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000.00 kepada pemberi pinjaman yang curang sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali untuk memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah sebesar Rp850.000.000,00 bersamaan dengan Rm247413.75 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga cukup wang untuk membiayai perniagaan saya sendiri terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi ketenaran
Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...