Saturday 3 June 2017

Lombok Timur, Surganya 4G XL

4g XL, XL, 4G LTE, XL di Lombok Timur, Lombok, Lombok Timur, sinyal XL, sinyal XL di Lombok, surga 4g XL
Pemandangan di Desa Sugia, Lombok Timur
Lombok Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki jumlah penduduk terbanyak.selain penduduknya, wilayahnya pun terbilang cukup luas, sekitar 2.679,88 Km2 yang terdiri dari daratan 1.605,55 Km2 (54,91%) dan lautan seluas 1.047.433 (40,09 %), dengan jumlah kecamatan ada 20.

sebenarnya ide tulisan ini bermula dari sebuah status saya di facebook yang menanyakan kepada teman-teman apakah ditempatnya (seputaran lombok timur pastinya) sudah merasakan kerennya sinyal 4G XL? ternyata jawabannya mengejutkan saya, dimana semuanya menjawab sudah terjangkau sinyal 4G XL padahal mereka ada di desa-desa. nah, berhubung kemarin tanggal 1 juni libur kantor, saya iseng aja tuh buat menjelajah lombok timur seharian sekalian buat ngetes jangkauan sinyal 4G XL yang ada. yah...itung-itung ngabuburit lah.

bangun pagi jam 9 (abis solat subuh tidur pagi dulu supaya gak ngantuk di jalan :D ), mandi dan siap-siap keliling lombok timur sendirian. awalnya sih pengen vlog gitu biar bisa "agak" terkenal gitu, cuma karena ini puasa juga, gak enak ngajak temen buat "tersesat" dan "kelelahan" yaudah jalan sendirian aja.

tidak lupa bawa powerbank dan kabel data buat amunisi tambahan. siapa tahu, walaupun batre smartphone udah 100%, bisa habis di tengah perjalanan. maklum aja, perjalanan ini selain butuh pencarian sinya; 4G, juga memakai GPS, yang tentunya bisa mengurangi daya baterai lebih cepat. oh ya, untuk mengetes di sepanjang perjalanan ini, saya menggunakan metode sederhana, yaitu mendatangi suatu tempat, berdiam sekitar 5 menit lalu mengecek sinyal di smartphone, apakah sudah 4G atau tidak. kemudian saya beralih ke mode airplane, lalu kembali lagi ke mode normal untuk melihat apakah sinyal 4G nya hilang atau tidak. ini dia jalur yang saya tempuh selama perjalanan keliling lombok timur :
jalur mengelilingi lombok timur untuk cek sinyal 4G XL
Perjalanan saya mulai dari kota selong, dimana terdapat sinyal 4G yang paling kencang, yang juga tempat tinggal saya. dari selong saya menuju ke arah timur wilayah kecamatan labuhan haji tepatnya di kelurahan tanjung yang ternyata sudah mendapatkan 4G juga.
sinyal 4G XL di Bank segara anak kencana tanjung
dari tanjung, saya menuju ke arah utara melalui jalur ijobalit - korleko, yang dimana ternyata daerah sana sudah terjangkau sinyal 4G XL. padahal daerah itu adalah daerah penambangan pasir + daerah penghasil kelapa yang masih rimbun perkebunan-perkebunan.
sinyal 4G XL di Mts. NW Korleko
saya lanjutkan perjalanan ke arah utara, yaitu ke arah pringgabaya. lalu saya berhenti sebentar di desa kerumut, untuk mengecek sinyal 4G yang katanya salah satu teman yang komen di status facebook saya sebelumnya bahwa di desanya sudah ada 4G XL. dan ternyata benar, sinyal 4G XL di desa kerumut ternyata masih kencang.
sinyal 4G XL di kantor desa kerumut
dari kerumut saya semakin ke utara, daerah pringgabaya, lebih tepatnya ke sebuah tempat wisata yang bernama pantai ketapang, yang ternyata disepanjang jalan menuju pantai ini (yang merupakan deretan persawahan yang begitu alami sejauh mata memandang) sudah ada 4G XL-nya. wow!
sinyal 4G XL di jalan menuju pantai ketapang pringgabaya
dari pantai ketapang, saya menuju ke labuhan lombok. labuhan lombok ini, buat yang belum tahu, merupakan salah satu desa yang paling timur dari kabupaten lombok timur, yang merupakan tempat pelabuhan angkut/barang menuju ke pulau sumbawa. nah, yang menariknya adalah di pelabuhan ini ternyata sinyal XL sudah 4G dan penuh!.
sinyal 4G XL di pelabuhan kayangan
dari pelabuhan kayangan, saya sedikit naik ke desa yang lumayan terpencil, sebuah desa transmigrasi di sebuah bukit. nama desa itu adalah desa puncak jeringo. desa ini memiliki akses jalan yang masih kurang bagus memang, berdebu, berbatu, beraspal, tanah... pokoknya semuanya campur-campur deh. tapi memang, tanah di puncak jeringo ini relatif subuh dan pemandangannya itu loh bisa yang sangat indah. yang paling keren, ternyata sinyal 4G XL sudah sampai di desa ini!
sinyal 4G XL di desa puncak jeringo
dari jeringo, saya turun kembali dan menuju ke arah aikmel. di desa apitaik, saya berhenti sejenak untuk melihat sinyal XL. dan guest what... 4G!
sinyal 4G XL di masjid jami' baiturrahman apitaik
lanjut ke arah aikmel, melewati kecamatan wanasaba, saya menuju ke dataran tinggi menuju ke sembalun. di sepanjang perjalanan dari desa mamben lauk, mamben daya, bagik nyaka, sampai dengan aikmel, sinyal 4G-nya XL gak putus-putus. di Desa kembang kerang, yang sudah mulai masuk dataran tinggi, saya beristirahat sembari melaksanakan solat zuhur di masjidnya. dan gak perlu dipertanyakan lagi, di desa kembang kerang sinyal XL juga sudah 4G.
sinyal 4G XL di kantor desa kembang kerang
semula saya mau melanjutkan naik lagi sampe ke sembalun, namun dikarenakan cuaca tidak mendukung (hujan) akhirnya saya turun lagi menuju arah barat. saya melalui jalur aikmel, kemudian melewati jalan-jalan kecil (dan rusak) untuk benar-benar totalitas dalam menge-cek kekuatan sinyal 4G XL di lombok timur ini. dan wow! bahkan sampe ke desa yang pedalaman (dikelilingi oleh perkebunan dan sungai) sinyal 4G XL pun kuat menjangkaunya!
sinyal 4G XL di desa montong sugia
desa montong sugia ini berada di kecamatan aikmel, namun di bagian pedalamannya. sejujurnya ini pertama kalinya saya menuju ke desa ini. kalo tanpa bantuan google maps, mungkin saya sudah tersesat di sini. dari desa montong sugia, saya melewati jalur-jalur kecil menuju jalan besarnya, melewati pondok pesantren gonthor di desa aiknyambuk (yang juga sudah 4G XL pastinya) kemudian keluar menuju ke arah BLK Internasional NTB yang berada di desa lenek daya. dimana, sinyal XL di sini juga sudah bisa dipastikan 4G!
sinyal 4G XL di BLK Internasional NTB
dari lenek daya, saya terus mengarah ke arah barat, melewati pengadangan dan sampe ke desa pringgasela. dari pintu gerbang desa pringgasela ini, sinyal 4G sudah ada.
sinyal 4G XL di desa pringgasela
dari pringgasela saya melewati desa aikdewa (masih kecamatan pringgasela) lalu lendang nangka, kotaraja (yang sudah berada di kecamatan masbagik) dan montong gading (kecamatan montong gading). semua sinyal di desa ini sudah 4G juga. wow.... btw kotaraja ini adalah sebuah desa ya. bukan kota :D
sinyal 4G XL di desa kotaraja
sinyal 4G XL di polsek montong gading
sinyal 4G XL di perbatasan lotim-loteng
karena kecamatan montong gading ini berada di sekitar perbatasan antara lombok timur dengan lombok tengah, akhirnya dari sini saya coba sinyal XL di perbatasan. ternyata hasilnya sama. sama-sama 4G!

nah, dari perbatasan ini, saya pun melewati daerah-daerah selatan dari kabupaten lombok timur. desa rarang , desa suradadi, bendungan pandandure (kecamatan terara), lalu ke desa pejaring, desa montong beter, desa rensing (kecamatan sakra barat), kemudian melewati keruak (keruak dan pijot) puter balik dari sini kembali ke selong melalui kecamatan labuhan haji. dan percayalah, semua sinyal dari kecamatan dan desa yang saya sebutkan di atas semuanya sudah 4G!

dari 20 kecamatan yang ada di lombok timur, hanya 15 kecamatan yang berhasil saya jelajahi hari itu, karena faktor waktu (yang mendekati buka puasa) dan semua kecamatan yang saya datangi sudah terjangkau sinyal 4G XL, yaitu kecamatan aikmel, keruak, labuhan haji, masbagik, montong gading, pringgabaya, pringgasela, sakra barat, sakra timur, sakra, selong, sikur, suralaga, terara dan wanasaba. dengan begitu luasnya jangkauan sinyal 4G XL di lombok timur bahkan sampai ke pelosok desa, sebagai pendapat pribadi yang berdasarkan fakta dan survey, saya bisa mengatakan bahwa Lombok Timur ini merupakan surganya 4G XL.

Dikki cantona said...

Sinyal XL di lombok di mana mana ajib banget lancar jaya dimanapun dan kapanpun

bahahaha iya, keren banget, kemana-mana dapat 4G terus

Rosanna Simanjuntak said...

Apalagi jika device kita juga mendukung kinerja 4G ya.
Kuotanya semakin optimal.

Lazwardy Perdana Putra said...

Waah keren.. Seharian keliling k pelosok Lombok Timur.. Nanti touring k arah Jerowaru mas broo.. Tes sinyal 4G XL nya :)

Mugniar said...

Lain Kali bikin vlog biar kita2 jg bisa lihat keindahan Lombok Timur doong.

Iqbal Mby said...

Iklan inih 😂

Uwan Urwan said...

Aku ada temen juga di Lombok, jurnalis. Pak Rudi namanya. Halah nama Rudi banyak. Asal Situbondo juga kak. Hihu. Semoga bs main ke Lombok suatu saat. Mayan pake XL udah kenceng banget juga yak

mantappppp

ya dong, masa udah 2017 tapi device belum 4G :D

ya mbak, sayangnya saya gak punya temen kemarin jalan. gak punya tongsis. dan gak punya holder di motor. mudah-mudahan ke depannya bisa punya :D

ditunggu mas :D

April Hamsa said...

Wuih kece banget.
Jadi kapan2 kalau aku ke Lombok aman ya mas, gak perlu ganti provider, soalnya aku pengguna XL jg :D

datadapodikku said...

mantap meton

RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS said...

Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, e.t.c. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

Regards:
Company: RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
PIN BB: (e32ddf1e)
WhatsApp:(+447454810709)
Blogger: (ramadhanislamiyatloanz.blogspot.com)
Mother: Anita Ervina (CEO)

charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Arab Credit Group said...

Assalamualaikum wr.wb

Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.

Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com
Pin BBM: {E39B5EE5}

OKTA MIRA said...

Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu sebanyak Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000.00 kepada pemberi pinjaman yang curang sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali untuk memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah sebesar Rp850.000.000,00 bersamaan dengan Rm247413.75 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga cukup wang untuk membiayai perniagaan saya sendiri terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi ketenaran
Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...