Tuesday 3 June 2014

menikmati segarnya sarsaparilla

 AW, sarsaparilla, sarsaparila, rootbear, RB
tanaman sarsaparilla 
sarsaparilla? pernah denger gak?

mungkin gak kali ya, tapi kalo rootbear pernah dong?
belum pernah juga? itu loh, minuman yang biasa dipanggil dengan nama RB, yang belakangan ini baru gue temukan di salah satu restoran amerika, apa tuh namanya...hemmm...awwe...bener gak? awwe, mirip nama komika stand up comedy asal bekasi ya.


jadi sebenernya rasa penasaran gue, menjadikan gue pengen tahu sebenernya itu minuman terbuat dari apa. soalnya gue sering bela-belain ke mall, cari tuh restoran, cuma buat minum RB nya doank. tapi sekarang udah ada yang dijual kalengan di alf*mart atau ind*maret. nah dari situ gue pertama kali tahu kalo tuh minuman ternyata terbuat dari tumbuhan yang bernama "SARSAPARILLA". pasti ngerasa aneh ya denger nama tumbuhan kayak gitu? sama kayak gue, makanya gue cari tahu, itu sarsaparilla apaan ya...
AW, sarsaparilla, sarsaparila, rootbear, RB
minuman berasa sarsaparilla


abis gue browsing, akhirnya nemu deh salah satu sumber yang jelasin kalo sarsaparilla itu :
berasal dari kata zarzaparilla. Dalam bahasa Spanyol, kata “zarza” memiliki arti semak-semak sedangkan “parilla” itu “tanaman anggur yang kecil”. Di luar negeri, sarsaparilla sudah dikenal sejak lama. Tidak hanya sebagai minuman tetapi juga penyedap rasa makanan dan obat-obatan tradisional. Mengalami puncak popularitas pada pertengahan 1800-an. Minuman versi asli sarsaparilla terbuat dari akar-akaran smilax yang dikeringkan. 
Minuman Sarsaparilla merupakan minuman yang populer di Indonesia pada tahun 1960an. Orang-orang pada jaman dulu menyebutnya sebagai limun sarsaparilla dikarenakan sebagai soft drink, terjemahannya merupakan limun. Sarsaparilla ini terbuat dari batang rambat tanaman Smillax regelii yang berasal dari Amerika Tengah.
Setelah itu sarsaparilla ditambah dengan air karbonasi sebagai penambah aroma minuman. Air karbonasi ya, bukan alkohol! Jadi kategorinya soff drink, bukan hard drink. Karbonasi itu terjadi ketika karbondioksida dilarutkan ke dalam air atau larutan encer lainnya. Sekilas tentang soft drink, ternyata ada banyak nama untuk soft drink. Orang di Amerika serikat menyebutnya sebagai soda, soda pop, pop, atau tonik (khusus di daerah Timur Laut AS. Orang Kanada juga mengenal soft drink dengan nama soda atau pop. Sementara itu orang Inggris menggunakan istilah fizzy drink dan terkadang orang Irlandia memakai istilah minerals.
sarsaparilla ini memiliki kandungan vitamin A, C, D, B-kompleks, kalsium dan zat besi. kandungan kayak gitu dipercayan bisa melancarkan kencing, penambah energi, mengurangi jerawat, penyembuh filek, batuk dan demam. bajkan orang cina percaya kalo sarsaparilla berkhasiat untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat arthirtis. zaman dulu, sarsaparilla dikenal sebagai obat awet muda, karena mengandung hormon progesteron. 

yan enak kok. rasanya kayak beralkohol gitu, padahal gak sama sekali. kayak rasa co** cola, sentuhan soda gitu, tapi lebih mirip rasanya seperti jasmine. jadi, ini minuman halal loh, makanya restoran yang jual minuman ini juga punya label halal dari MUI.

gak ada salahnya kan mencoba? :)

6 comments:

Tira Soekardi said...

wah sy juga baru tahu tuh, info yg berguna

pedrogondem said...

terima kasih mbak :)

Fadillah Nur A said...

Kayak pernah lihat buatnya deh, waktu sekolah di madrasah banyak itu. ._.
Itu minumannya beralkohol, kan? ._.

Jual Produk Unik said...

Lebih enak versi limunnya dulu daripad rootbeer yang sekarang

Unknown said...

apa ada yg tau dimana jual akar sarsaparila..? tolong info nya dunk...

terimkasih...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...