Tuesday 22 April 2014

5 Hal yang Wajib diingat sebelum pake narkoba


            Narkoba sudah merajalela. Yah…pengguna narkoba yang katanya sudah mencapai 4 juta di Indonesia ini pastinya meresahkan warga. Pergaulan yang tidak bersih, gaya hidup yang hura-hura sampai dengan kepribadian yang tertutup bisa menjadi cikal bakal penyalahgunaan narkoba. Seperti yang udah gue bilang pada tulisan sebelumnya soal 12 alasan aneh pengguna narkoba, salah satunya itu coba-coba.
           

            Nah, sebelum coba-coba, atau kalian pada penasaran buat make, kalian wajib mengingat 5 hal berikut :

1.      Ingat Tuhan
Apapun agama kalian, kalian pasti punya Tuhan kan? Sebelum pake narkoba, coba sempetin buat inget Tuhan kalian dulu. Tuhan nyiptain kalian biar bisa jaga bumi ini dengan lebih baik. Kalo kalian pada make narkoba, terus yang jaga bumi siapa?
Lagian, kalian kagak ada yang percaya dosa apa? Ingat Tuhan, ingat dosa kalo pake narkoba. Narkobaan itu dosa loh, soalnya nyianyian hidup dan berbuat kerusakan. Buat kerusakannya aja gak Cuma diri sendiri, tapi malah ngerusakin orang lain. Misalnya dalam agama islam nih, narkobaan itu dilarang karena :
·         Dilarang mubazir atau boros. Pake narkoba itu udah boros duit, boros tenaga boros nyawa lagi. Boros air aja gak boleh, apalagi sampe boros nyawa?
·         Kebersihan adalah sebagian dari iman. Hubungannya ama narkobaan apaan? Orang yang pake narkoba itu bakalan kotor luar dalemnya. Percaya gak? Jadi gini, orang yang pake narkoba kan darahnya udah dikotori sama zat psikotropika dan bahan adikitif itu. Nah, dari luar, biasanya orang yang pake narkoba itu kan pada urak-urakan. Biasanya pada males mandi atau bersihin diri. Udah bau, dekil lagi.
·         Lupa waktu. Orang yang udah pake narkoba itu kagak mikirin hal lain selain sensasi yang katanya nikmat dan melayang-layang entah kemana. Jadi kalo kalian pake narkoba, tuh solat pada bolong semua. Terus kalo ramadhan kagak puasa semua.
Resiko orang pake narkoba dari sisi agama? Ya kalo gak dapet azab di dunia ya di akhirat. Ngomongin dosa jadi takut sendiri gue, hahaha…tapi intinya di sini gue pengen bilang kalo Tuhan itu melarang kita pake narkoba, terlepas dari kalian orang alim ato gak. Ingat itu!

2.      Ingat orang tua
Sumpah, kalo udah nginget jasa orang tua, gue paling sering yang namanya nangis. Entah darimana perasaan seperti ini, tapi orang tua memang inspirator paling dekat selama hidup gue. orang tua yang sederhana, atau lebih tepatnya yang pada dasarnya tidak mampu tapi ada aja jalan gue punya rezeki dari mereka. Dan gue yakin, kalian juga punya orang tua yang paling hebat semua.
Mereka pasti berharap yang terbaik, terbagus dan termudah buat anak-anaknya. Pengen dapet kerjaan terbaik. Hidup yang rukun, kesehatan yang bagus dan mudah jalanni hidupnya. Gak ada orang tua yang pengen anak yang dibesarin dengan susah payah malah hidupnya rusak, sakit-sakitan, dan nyusahin orang lain.
Dan kebayang gak dari semua pengorbanan mereka kalian sia-siain dengan pake narkoba? Kebayang gak rasa sakit hati, rasa kecewa, rasa bersalah yang mereka bakalan alamin kalo liat anaknya pake narkoba?
Mereka bakalan sakit hati karena anaknya bakalan dijauhin oleh masyarakat, bakalan di cap sampah masyarakat. Bakalan dipandang buruk dan tidak berguna, padahal itu adalah anak kesayangan orang tuanya. Gak ada orang tua yang mau melihat anaknya dikucilkan seperti itu. Gak ada.
Mereka bakalan kecewa karena berharap sesuatu yang baik ke anaknya tapi anaknya malah membalasnya dengan “air tuba”. Mereka gak berharap anaknya bisa membalas budi, tetapi melihat anaknya hidup bahagia aja, itu udah lebih dari rasa balas budi. Segitu hebatnya mereka, namun dikecewakan lantaran hanya karena secuil barang haram. Tentu saja, dengan kelakuan anaknya yang pake narkoba, menjadikannya anak yang tidak berbakti kepada orang tua.
Mereka bakalan merasa bersalah karena jerih payah didikan mereka selama bertahun-tahun gagal dan malah anaknya terjerumus ke jurang obat-obatan terlarang. Pengorbanan harta, tenaga, bahkan sampai nyawa saat ibu melahirkan untuk membesarkan anaknya dengan baik-baik, malah anaknya gagal menerima ajakan baik mereka. Rasa bersalah itu akan semakin besar ketika sang anak tidak mau mengikuti nasihat orang tuanya.

3.      Ingat anak
Jika nanti kalian (yang pengen coba-coba atau penasaran pake narkoba) punya anak, emang kalian pengen anak kalian nanti pake narkoba? 100% pasti gak ada yang mau! Bahkan pengedar narkoba pun gak ada yang pengen anaknya terlibat dalam bisnis haram itu. Nah, kalo kalian aja gak mau ngeliat anak kalian nanti menderita karena narkoba, kenapa kalian harus lebih dulu menderitakan orang tua dengan pake narkoba?
Anggep lah kalian orang yang berhasil nanti lepas dari jerat narkoba, bisa kembali sehat karena program rehabilitasi badan narkotika nasional, tapi nanti kalo kalian melanjutkan kehidupan, punya anak, gimana kalo potensi penyakit bawaan narkoba malah menjangkiti anak – istri kalian? Pasti gak mau kan?
Dan anggep aja lagi kalo anak – istri kalian lolos dari penyakit bawaan narkoba yang dulu pernah kalian pake, tapi kalo nanti anak kalian tahu dari masyarakat kalo bapaknya adalah mantan pecandu narkoba, semalu apa jadinya anak itu? Ingat itu!

4.      Ingat sahabat
Sahabat adalah salah satu faktor terpenting yang perlu kalian ingat sebelum pake narkoba. Sahabat yang baik gak akan mau ngeliat kalian pake narkoba. Kalo kalian merasa ada “sahabat” yang menyarankan kalian buat ikutan menyalahgunakan narkoba, itu bukan sahabat. Pasti. Itu bukan sahabat. Setan bermuka manusia. Bisa jadi.
Kalian pasti punya teman kan? Teman main kek, teman sekolah kek, teman kantor kek atau teman sosmed deh. Mereka adalah orang yang perduli ke kalian selain keluarga kalian. Terus kalo kalian malah pake narkoba, malah bakalan menjauh dari mereka. Atau mungkin mereka yang bakalan menjauh dari kalian. Mana ada orang baik-baik (hampir semua) pengen sahabatan sama pengguna narkoba? Kan mereka juga mikir, kalo-kalo nanti malah ikutan terjerumus pake narkoba.
Emang sih, temenan sama siapa aja boleh, tapi mesti cerdas juga. Temenan, apalagi temen deket atau sahabat itu mesti pilih-pilih juga donk. Orang yang bergaul sama dagang parfum bakalan wangi, orang yang bergaul sama tukang sampah bakalan bau. Dan kalian gak boleh protes kalo semua orang mikir gitu.
Sahabat kalian pasti kecewa kalo kalian sampe pake narkoba. Mereka pasti pengen ngeliat kalian bisa berinteraksi normal layaknya kehidupan tanpa narkoba. Apakah kalian siap kehilangan sahabata Cuma karena narkoba? Ingat itu!

5.      Ingat Negara
Indonesia. Negara yang katanya berpenduduk dengan akhlak mulia. Masyarakat timur yang dikenal sopan dan menjaga tradisi bangsa. Adakah tradisi bangsa yang menyuruh untuk pake narkoba? Tidak. Yang ada malah tradisi melarang pake narkoba.
Masih ingat salah satu pidato bung karno? “jangan bertanya apa yang Negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan kepada negara” tentunya dalam hal ini yang dimaksud adalah dalam hal positif. bukan dalam hal perusakan, seperti dengan menggunakan narkoba. Dengan meningkatnya pengguna narkoba di Indonesia, malah mencoreng wajah Indonesia di kancah masyarakat dunia. Betapa tidak? Generasi muda yang seharusnya memberikan sesuatu yang bermakna kepada Negara, malah memberikan sesuatu yang merendahkan Negara ini. Narkoba, tidak dapat dipungkiri bisa menjadi tolok ukur “image” suatu bangsa.
Apakah kita ingin merusak nama baik nusantara ini hanya karena penyalahgunaan narkoba? Tentu tidak kan? Ingat itu!

Nah, setelah hal-hal yang udah gue sampein di atas, mestinya kalian yang pengen pake juga mesti mikirin itu semua. Dan abis mikirin kelima hal itu matang-matang, gue yakin deh kalian pada gak mau pake narkoba. Mendingan takut pake narkoba daripada berani mati sia-sia kan?

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...