Thursday 27 March 2014

rekening ponsel, inovasi menuju masa depan

one click to the future
Masa depan dimulai dengan inovasi. Inovasi memang harus terus menerus dilakukan agar tidak ketinggalan zaman. Inovasi bisa dilakukan di segala bidang. Termasuk di perbankan. Mungkin inilah kecermatan yang dilakukan oleh CIMB NIAGA, mencuri start melakukan inovasi di bidang perbankan melalui rekening ponselnya.


bekerjasama dengan media sosial dariperempuan.com dengan program DPTalk, CIMB NIAGA membagikan ilmunya tentang inovasi terbaru yang dilakukannya, yaitu rekening ponsel, di graha niaga 22 Maret 2014 lalu. sebagai pembicara ada mas @frenavit dari security online, lalu ada @brandal14 dari penggiat sosial media dan @edgarddewo dari pengembang CIMB NIAGA itu sendiri.

latar belakang peluncuran rekening ponsel itu sendiri adalah adanya kebutuhan perbankan dimana nasabah ingin cepat dilayani tanpa harus mengantri lama. betul? betul banget, siapa sih yang mau rela menghabiskan waktunya hanya untuk menabung apalagi kalau cuma buat ngambil uang? dengan adanya branchless banking atau perbankan diluar bank (nah loh istilahnya udah jelimet nih) , jadi kita bisa menikmati fitur perbankan tanpa harus hadir langsung di bank, keren kan? selain itu, alesan kenapa adanya rekening ponsel itu melihat pemilik rekening konvensional di Indonesia ini masih sedikit, sedangkan pemilik nomer handphone sampai 3x jumlah penduduk di Indonesia. ya kan? gak sedikit yang punya nomer handphone lebih dari 1 kan? sehingga masyarakat yang belum memiliki nomor rekening bank, bisa menggunakan nomor ponselnya menjadi rekening untuk bertransaksi. sughoiiii.... :D

lalu, apa sih lebihnya rekening ponsel ini dibandingkan dengan rekening bank konvensional? dilansir dari mas @edgarddewo, sesuai dengan apa yang gue inget, ada banyak kelebihan dari rekening ponsel ini, diantaranya :
  1. bisa dibawa kemana saja tanpa harus membawa ATM apalagi buku tabungan. bukankah sekarang lebih baik ketinggalan ATM ketimbang ketinggalan handphone? ketinggalan ATM bisa tinggal minjam duit sama temen, lah ketinggalan handphone, kerasa kayak ada bagian tubuh yang hilang, buahahhaha....
  2. gak ada potongan administrasi. nah, ini yang belum pernah ada kayaknya di perbankan "DUNIA". jadi, kalo nabung sejuta sekarang, tahun depan walaupun gak diambil, bakalan tetep sejuta. 
  3. bisa diambil sampe dengan 0 rupiah. wah wah wah...sepertinya ini jadi momok menakutkan nih buat bank-bank lainnya. bisa diambil sampe 0 rupiah itu seperti pungguk merindukan bulan, dan dengan rekening ponsel, anda bertindak seperti neil armstrong yang bisa mencapai bulannya.
  4. bisa tarik tunai di semua ATM, dan terima transfer langsung dari rekening bank konvensional. jadi ya ini udah emang bener-bener rekening bank dengan nomor hp sendiri loh. makanya gue bilang tadi kayaknya udah gak zaman lagi deh pake nomor rekening bank kalo ada yang beginian.
  5. bisa dipake belanja di tempat-tempat umum. udah kayak di masa depan ya, gak perlu bawa duit, kalo mau makan, tinggal kasi nomer hp, makan, kenyang, dan bahagia :D tempat-tempat umumnya misal kayak di alfamart dan 7 eleven.
  6. dapet cashback dan tiket gratis. loh? ini rekening ponsel kok bisa ngasi gituan? entahlah :D tanyakan aja kepada CIMB NIAGA nya hehehe... yang mau nonton di blitz atau 21/XXI tinggal bayar pake rekening ponsel, buy one get one free ticket, beuuhhhh....udah lama banget nunggu yang ada beginian. terus kalo di 7 eleven itu dapet cashback 30%, kalo di snowbay TMII dapet cashbacknya 40%, beuuhhhhhh....ini kayak kita belanja dengan uang pas tapi dikasi kembalian 30-40%. padahal belanjanya gak pake duit, tapi pake rekening ponsel.
  7. aman, aman, dan aman. jelas dong, walaupun pakenya nomer handphone, tapi keamanan rekening ponsel ini sangat dijaga dengan baik pada saat bertransaksi. apalagi pakenya 2x security code, dengan PIN langsung sebanyak 6 digit dan PIN level 2 yang dikirimkan ke nomer ponsel kita yang selalu berubah-ubah setiap transaksi. gak perlu nutup tangan lagi pas narik duit di ATM kan? :)
  8. masih banyak lagi, tapi gue lupa deh saking banyaknya, pokoknya cobain sendiri dah baru tambahin di nomer 8 dan seterusnya ... hahahaha
transaksi online sudah menjadi tren di masa kini dan pastinya akan berlanjut ke masa depan. namun, masih banyak masyarakat indonesia yang takut akan penipuan dan kegagaln transaksi secara online. sebagai perbandingan aja nih, kalo di jepang, dari 10000 transaksi online, cuma 1-2 doank yang mengalami kegagalan, itu pun alesannya karena barang yang diterima tidak sesuai dengan spek yang diharapkan. sedangkan di Indonesia, dari 10000 transaksi online, sampe 100-an yang mengalami kegagalan dan kegagalannya itu lebih banyak disebabkan oleh penipuan, daripada ketidaksesuaian spesifikasi. nah, melirik tren keamanan bertransaksi online yang saat ini sangat rentan akan penipuan dan pencurian, kita harus hati-hati. berikut tips-tips transaksi online yang diberikan oleh mas @frenavit :
  1. lindungi perangkat lunak atau software yang digunakan untuk bertransaksi. gunakan antivirus yang paling update dan kalo bisa yang asli biar bener-bener aman. gunakan perangkat pribadi untuk transaksi, jangan pernah menggunakan perangkat orang lain atau pinjaman apalagi di perangkat publik seperti warnet. karena bisa jadi mereka memiliki history transaksi yang telah kita lakukan sebelumnya.
  2. buatlah password dan PIN yang aman, dengan artian password dan PIN itu rumit tapi mudah diingat. rumit bisa jadi dengan menggabungkan huruf dan angka, atau menggunakan gabungan huruf besar dan kecil. lalu, biasakan mengganti password atau PIN secara berkala, bisa bulanan atau 3 bulanan, tergantung dari frekuensi transaksi yang dilakukan.
  3. dalam mencari alamat situs, ketik sendiri di web address, jangan mencarinya dengan google. kenapa? karena begitu banyak situs palsu yang dibuat untuk menipu nasabah, dan emang gak sedikit kasus penipuan ini terjadi karena kesalahan dari nasabah yang kurang teliti. misalnya : yang seharusnya klikbca.com dipelintir menjadi kilkbca.com, yang teliti sih bisa langsung tahu itu gak bener, lah yang gak teliti kan kasian, bisa jadi sasaran empuk. apalagi kalau ada situs yang mengatasnamakan perusahaan tertentu yang mengumumkan pemenang melalui sms. ckckkc...
  4. gunakan "https" pada address bar untuk memastikan situs yang kita kunjungi aman.
  5. hindari transaksi online dengan menggunakan jaringan wifi, karena kita tidak tahu ada orang jahat yang bisa memasuki sistem kita. kan wifi itu pake jaringan bersama, jadi apa yang kita buka, transaksi apa yang kita lakukan sampe dengan apa aja yang udah kita ketik bisa ditahu oleh orang jahat. kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat, tapi ada kesempatan kan?
  6. utamakan logika dan akal sehat. harga pasti selalu sesuai dengan kualitas. setuju?

nah, katanya mas @brandal14 , salah satu hal yang membuat CIMB NIAGA menjadi bank nomer 5 terbesar di Indonesia yaitu pelayanan tanya-jawab dan greeting yang bisa di akses melalui sosial media seperti facebook dan twitter. CIMB NIAGA sudah lama meluncurkan itu, sehingga kita bisa berinteraksi dengan bagian customer service tanpa perlu datang ke bank. semua pertanyaan dan saran pasti akan ditanggapi, namun durasi responnya tentu saja tergantung dari permasalahan yang dihadapi nasabah. kalo permasalahannya gampang, butuh sekitar 15 menit, namun kalo sudah klaim atau masalah-masalah yang lebih rumit sih, bisa jadi lebih lama. 

acara yang dipandu oleh @mataharitimoer dari dariperempuan.com ini berjalan singkat, namun padat dan jelas. acara yang dikemas dengan enjoyable, disertai dengan diskusi, lomba live twit, doorprize dan diakhiri dengan makan siang ini berjalan lancar, dan mungkin lebih dari harapan yang telah direncanakan. yang dateng aja seratusan orang dari berbagai komunitas.
antusiasme tamu undangan
nah, kebetulan gue yang termasuk memenangkan lomba live twitnya, dan langsung dikirimkan tabungan 150 ribu loh, wehehehee...ini udah dapet ilmu banyak, gratis daftar rekening ponsel, dapet goodie bag dan makan siang, dapat hadiah 150 ribu pula, dan nikmat Allah yang mana yang lagi yang didustakan? :) pas turun dari acara, gue langsung nyobain tuh tarik tunai cuma pake hp jadul (hp c*na) yang udah didaftarin rekening ponsel. eh ternyata beneran mudah banget, tarik tunai 100 ribu. sisanya 50 ribu kan, rencananya buat nonton nanti. kan harga tiket biasanya 35 ribu tuh, jadi dengan 35 ribu doank bisa dapet 2 tiket, kan buy one get one free :D namun sayangnya, hal itu harus gue urungkan juga karena tanggal tua begini duit udah mulai menipis. ATM bank tetangga pun saldonya cuma bisa sampe makan seminggu. yaudah terpaksa ambil duit yang dari rekening ponsel yang tinggal 50 ribu, lumayan bisa nyambung hidup 3 hari :D

oh ya, kebetulan pas ngambil duitnya gue video in nih, biar gak dibilang cuma omdo, jadi buat yang pengen lihat betapa mudahnya pake rekening ponsel, yuk intip video yang gue buat sendiri di bawah ini : 

2 comments:

Maya Siswadi said...

Woooo, asyik niihh dpt hadiahnya, dah ludes donk yaa? :)

pedrogondem said...

alhamdulillah udah :D

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...