Thursday 20 March 2014

12 alasan aneh pake narkoba


Udah lama banget Indonesia pengen bebas dari jerat yang namanya narkoba. Entah itu ganja kek, shabu-shabu kek, ekstasi kek, ekpresi kek, ekskresi kek *dua yang terakhir gak termasuk ya, pokoknya obat-obatan yang gak banget gitu. Padahal mereka tahu loh, efek dari penggunaan narkoba, tapi tetep aja ngelakuinnya. Masa sih di otaknya pemuda Indonesia bener-bener tertanam prinsip “peraturan itu dibuat untuk dilanggar”. Lah, ini peraturan kan buat kebaikan loe semua yah?


Masa sih mesti buat peraturan yang membolehkan orang pake narkoba? Kan gak juga. Apalagi yang namanya anak muda. Bayangin deh, berdasarkan data dari UNODC (united nation office on drug and crime), dari 210 juta pengguna narkoba di seluruh dunia, 5% itu dari kalangan pelajar yang notabene sudah pasti tahu mana yang benar mana yang salah. Ya gak? 5% dikit ya? Coba aja kalikan dengan 210 juta, hasilnya 10 juta 50 ribu. 10 juta meeennnt…, 10 juta pelajar di seluruh dunia tiap tahun kena narkoba dan tren-nya terus menerus naik. Adalagi nih, hasil rekap data dari BNN dan polri, menunjukkan kalau berdasarkan latar belakang pendidikannya, para penyalahguna narkoba ini 85% dari kalangan anak SMP dan SMA. Gila banget kan? Gue jadi inget lirik lagu yang gue aransemen dari lagunya armada *ekhem ekhem, ngimpi!, “mau dibawa ke mana, Negara kita…jika kau terus menunda-nunda untuk berantas semua narkoba, mau dibawa ke mana Indonesia. Aku akan terus jalani, jadi pmuda yang berprestasi, Indonesia biiiisa…, Indonesia bisaaaaaaa…aaaa….Indonesia bisa”

Abis nyanyi, gue mau kasitahu nih, 12 alasan aneh kenapa para pemuda ini pake yang namanya narkoba :
1.      Membuktikan keberanian. Yah, mungkin buat loe-loe pade yang termasuk ke dalam golongan “ber~uang” salah satu hal yang buat kalian pada keren itu tampil berani. Berani ngadepin bahaya. Berani ngelakuin sesuatu yang punya resiko sendiri, Misalnya kayak balapan, tawuran atau mungkin sekedar cari sensasi. Yaelah brooohh, buktiin keberanian pake gituan? Mainstream banget deh loe. Yang mau loe buktiin keberanian dari balapan apaan coba? Berani nyalip gitu biar diteriakin ama cabe-cabean? Kalau loe pake narkoba, nyalip kagak, tuh mobil bisa pecah. Masih mending mobil atau motor loe pecah, daripada kepala loe? Lah terus tawuran, loe tau gak tawuran itu bukan sama sekali buktiin keberanian, tapi kepengecutan. Loe beraninya kalau rame-rame, pake narkoba biar berani maju paling depan, entar musuh nyerang, loe lari juga. Kasihan banget sih kalau beneran ampe semua pemuda Indonesia berpikiran sepicik ini? Kalau loe pengen buktiin keberanian loe, pake cara yang bener deh. Berani ikutan olimpiade sains nasional. Berani belajar setiap hari biat bisa banggain ortu. Atau paling gak, berani bekerja cari duit deh buat naikin emak haji, sumpah itu keberanian yang dimiliki Cuma segelintir orang di muka bumi ini. Percaya deh!
2.      Sensasi melawan orang tua atau hukum yang ada. Kayaknya dewasa gitu ya, kalau udah berani ninggalin orang tua, minggat dari rumah, terus gak mau diperhatiin orang tua. Yaelah, hari gini masih bangga kalau ngelawan orang tua? Mesti istigfar banyak-banyak deh loe. Orang tua itu emang cerewet gitu biar loe pade selamat, lempeng jalannya. Gitu juga ama hukum yang dibuat ama pemerintah. Semuanya biar kita sesuai di jalan kebaikan kok. Orang tua loe diciptain supaya loe juga sadar bakalan jadi orang tua nanti. Gimana sayangnya mereka sama loe, sampe-sampe mereka manjain loe biar loe juga ikutin jalan yang bener. Mana ada ortu yang pengen anaknya narkobaan? Percaya deh!
3.      Mempermudah penyaluran seksual. Nah ini nih, biar katanya “kuat” atau “berani” kalau begituan, malah pake narkoba. Yaelah, kalau loe emang punya penyakit lemah syahwat, berobat ama dokter lah, jangan malah pake narkoba. Entar pas ketahuan sama warga kampong (kalau loe pade belum nikah ya) bukannya tersalurkan malah loe digebukin lagi. Percaya deh!
4.      Melepaskan diri dari rasa sepi. Lah, coba deh loe pada liat, pengguna narkoba itu lebih banyak apa lebih sedikit gak sih temennya? Lebih sedikit! Sangat terbatas! Dan pastinya suka dijauhin sama temen yang lain, takut ketularan! Loe kalau mau gak sepi, temenan yang baik-baik. Semakin baik cara loe bergaul, semakin banyak temen yang loe dapet. Temen yang baik itu bukan yang ngajak-ngajak loe ngabisin duit ampe nyuri uang buat beli narkoba, tapi perhatian dan buat hidup loe berasa rame. Gak ad aloe, gak rame. Percaya deh!
5.      Menemukan jalan hidup. Way of life. Ya, way of life yang salah. Salah banget malah. Jalan hidup apaan yang nyengsarain dunia akhirat? Jalan hidup apaan yang ngabisin duit Cuma buat beberapa gram bubuk dan obat yang aneh? Jalan hidup apaan yang memperpendek umur loe? Jalan hidup apaan yang buat orang tua loe, keluarga loe, sahabat loe, merasa sedih dan kecewa? Itu bukan jalan hidup, tapi jalan mati. Percaya deh!
6.      Mengisi kekosongan waktu. Nah ini nih alesan yang paling aneh, loe ngisi kekosongan dengan narkobaan? Aidahhh…ini yang namanya bener-bener gak ada kerjaan. Waktu itu gak bisa kembali. Gue gak maksa loe buat mikir dosa ama pahalanya, Cuma pikirin yang akan terjadi sama hidup loe di masa depan. Kalau loe pengen jadi orang sukses di masa depan, isi waktu loe dengan aktifitas yang bermanfaat dong. Kalau loe pengen jadi dokter, isi waktu loe dengan baca jurnal-jurnal kedokteran. Kalau loe pengen jadi penulis, isi waktu loe dengan menulis apapun yang loe suka. Kalau loe pengen jadi blogger, isi ulang dulu tuh paket internet. Percaya deh!
7.      Ngilangin galau. Ngilangin galau pake narkoba? Loe malah tambah galau tau! Salah satu efek narkoba yang paling pasti adalah menimbulkan depresi. Loe bakalan tambah ngerasa frustasi karena gak Cuma ngirang fisik, narkoba ini juga nyerang mental loe. Walaupun gue gak suka liat orang yang ngilangin galaunya pake update di fb atau berkicau di twitter, tapi menurut gue itu lebih baik kalau emang bisa ngilangin galau daripada loe pake narkoba. Percaya deh!
8.      Ikut-ikutan temen. Nah, di sini loe mesti pinter-pinter milih temen. Loe pasti pada pernah denger kan pepatah yang bilang “kalau berteman dengan pedagang parfum, maka loe bakalan ikutan wangi parfum. Kalau berteman dengan tukang sampah, maka loe bakalan ikutan bau sampah”. Inget loh, berteman itu emang boleh dengan semua orang, tapi temen deket harus pilih-pilih. Pilih temen yang bisa membawa loe kepada kebaikan, bukan ngajarin narkobaan. Masa muda gini emang paling rentan dipengaruhin ama temen. Percaya deh!
9.      Kepo. Ya, rasa pengen tahu emang gede banget ama anak-anak remaja yang belum tahu arah mau ke mana. Seharusnya yang loe kepoin bukan bagaimana rasanya, tapi apa sebab dan akibat yang bakaln terjadi ama loe. Karena sekali loe pake, bakalan gak bisa keluar dari dunia kegelapan itu. Percaya deh!
10.  Iseng. Ya, iseng-iseng, kali aja dapet hadiah. Ternyata hadiahnya duit habis, masa depan hancur, keluarga kecewa, dan mudah-mudahan deh masih bisa masuk surga.
11.  Menghilangkan rasa sakit. Nah, kalau yang ini mesti ada di bawah pengawasan dokter atau rumah sakit. Memang, beberapa narkoba bisa dijadiin obat, khususnya penghilang rasa sakit. Tentara juga pake morphin kalau lagi kena tembak, dan itu adalah hal darurat. Walaupun begitu, yang namanya untuk pengobatan harus di bawah pengawasan dokter. Karena kalau loe sampe bermain-main dengan narkoba, loe gak bakalan bisa mutusin talinya yang erat banget. Bukannya malah ngilangin rasa sakit, malah loe tambah sakit. Percaya deh!
12.  Perangsang untuk berprestasi. Hadeeehhhh…narkoba? Prestasi? Gak bertolak belakang tuh? Emang loe pernah liat anak muda pecandu narkoba masa depannya bisa berprestasi? Jangan deh. Motivasi untuk berprestasi itu bisa orang tua, bisa harga diri atau mungkin pacar. Kalau loe jadiin narkoba buat berprestasi, tuh prestasi gak berani lagi deh deket-deketan am aloe. Percaya deh!

Nah, abis tahu ke-12 alasan aneh pake narkoba, masih mau nyoba? Gue sih gak J


2 comments:

Fandhy Achmad R said...

Saran aku sih cuma satu...
kalo belum terkena narkoba, mending nggak usah kena sekalian...
Say no to drugs lah


http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/03/unit-link-terbaik-di-indonesia.html

Anonymous said...

Kadang kebanyakan anak muda pake narkoba biar dibilang gaul katanya. Apanya yang gaul -_-

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...