Thursday 30 January 2014

waspada penipuan berkedok kerja online!

penipuan dari dunia maya belakangan ini semakin gencar terjadi. mulai dari penipuan berkedok hadiah, undangan, jual beli online bahkan sampai dengan lapangan pekerjaan. mulai dari yang mencurigakan, sampai dengan nyata-nyata meyakinkan. dan tidak sedikit , bahkan mungkin sebagian besar orang sudah menjadi korban penipuan ini.

ada banyak modus penipuan di dunia maya yang dilakukan oleh para penipu. salah satunya adalah melalui kerja online. memang dari cara meyakinkan korban, sangat masuk akal aksi penipuan ini sehingga korban mudah sekali terjerat. kerja online dengan hasil yang lumayan tanpa harus susah payah keluar rumah merupakan impian para pengangguran atau para freelancer yang ingin mencari penghasilan tambahan.

semalam gue membaca info lowongan kerja dari facebook yang sangat menarik dengan syarat yang sangat mudah. berikut screenshootnya :
penipuan kerja online melalui facebook

tampak sangat mudah kan? bahkan sebagian besar orang di dunia sudah termasuk dalam kriteria persyaratan tersebut. tidak hanya orang awam, tetapi yang telah lama melintang di dunia digital juga akan berfikir "emangnya salah bisa mendapatkan penghasilan banyak di usia muda dengan spesifikasi yang masih rendah gitu?" jawabannya adalah TIDAK, sama sekali tidak. tidak ada hak untuk melarang seseorang untuk berusaha menjadi kaya, dan itulah yang ingin ditanamkan oleh para penipu kepada kita.

gue ikutin langkah-langkah yang ada pada persayaratan tersebut dengan mendaftar, dan tentu saja tidak lama kemudian datanglah email balasan yang berisi panduan untuk bisa kerja seperti yang telah ditawarkan. berikut screenshootnya :

lalu lanjutan dari isi email tersebut adalah seperti ini :
Untuk mendapatkan PANDUAN & IJIN KERJA ONLINE ini, Anda harus
melakukan pembayaran untuk Aktivasi Akun Anda sebesar  Rp 90.000,-
(biaya PENDAFTARAN+ biaya ijin kerja online + biaya pengetikan dokumen
panduan)dan semua kerja freelance akan di kenakan biaya jd kami harap
jangan kaget karna ini penentu kesuksesan seperti hanya anda mempunya
satu langkah dan di situ ada adm padahal itu jalan sukses dan anda
menolaknya dan anda tidak melangkah menuju sukses dan biaya tersebut
adalah biaya resmi bukan pungli

- Jika sudah melakukan pembayaran, segera akan kami proses untuk
pengiriman PANDUAN & IJIN KERJA ONLINE  di atas pukul 18.00
WIB..
- Anda boleh skeptik dan berpikir macam-macam, itu wajar. Namun kami
cuma bisa tegaskan bahwa kami bukan penipu. Pembayaran tersebut
semata-mata hanya untuk biaya aktivasi, biaya materi
PANDUAN & IJIN KERJA ONLINE, serta upah tenaga. Biaya tersebut
bukan sebagai ajang pungli (pungutan liar) maupun ajang penipuan.
- Pihak kami hanya memungut untuk biaya aktivasi saja dan selanjutnya
anda sudah bebas biaya dan tidak akan dipungut lagi.

anda pasti punya rasa tidak percaya kepada kami ,kami anggap hal itu
hal yg wajar
TAPI anda akan percaya jika anda membuktikannya...

SEGERA lakukan aktivasi akun Anda, jika dalam 3 hari tidak ada
konfirmasi aktivasi, maka secara otomatis Berkas Lamaran Anda akan
terhapus secara otomatis.

Biaya Aktivasi Akun adalah sebesar Rp. 90.000,- dan dikirim ke :

Bank / No.Rekening  : BRI / 218401000582***
Cabang Bank         : Taman Kopo Indah **
Atas Nama           : HENDI SUH***

JIKA ANDA SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN AKTIVASI HARAP KONFIRMASI LEWAT
SMS KE  085974465*** / 02261***311 dengan format pesan :

    AKTIVASI(spasi)NAMA(spasi)EMAIL ANDA(spasi)TANGGAL-JAM
TRANSFER(spasi)Rp.90.000,-

KENAPA HARUS BAYAR RP. 90.000,- ???
Itu sebagai syarat aktivasi dan penyampaian bahan-bahan kerja anda
yang disebut PANDUAN KERJA ONLINE TERTULIS,

anda tahukan untuk dapatkan gratis 1000 sms dr XL anda harus 4 kali
sms berbayar, dan untuk bisa dapatkan 100 menit ngobrol sesame indosat
anda harus daftar dulu dan di kenakan fee sebesar 1000 rupiah, begitu
pula dengan bonus-bonus dari Simpati ataupun Kartu As, anda pun harus
mengeluarkan pulsakan untuk dapatkan bonus itu.
tampaknya sangat masuk akal ya? gue pun mikir begitu, tidak ada salahnya kita membayar sedikit yang penting bisa mendapatkan pekerjaan. toh kita ini bekerja, gak kayak M*M. wajar dong dapet penghasilan? buat apa menipu kalau cuma sedikit? itulah yang diinginkan lagi oleh penipu, agar kita semakin percaya kepada mereka. seharusnya kita balik berfikir, sekarang penipuan dengan modus uang besar kan sangat keliatan dan pasti beresiko tinggi sampai ke polisi, tapi walaupun kecil kalau yang didapatkan dari banyak orang tanpa orang akan lapor (mungkin) karena kerugiannya kecil, bukankah penghasilan penipunya juga akan tetap banyak? bukan batu besarlah yang membuat kita tersandung, tetapi kerikil yang kecil.

karena tidak percaya dan takut akan penipuan, gue pun langsung browsing soal penipuan-penipuan berkedok kerja online. sayangnya hanya sedikit yang menjelaskan tentang itu, kebanyakan malah modus-modus yang sama dengan penipuan kerja online ini. mungkin mereka takut kalau ekspose pengalamannya bisa dituntut oleh pemilik situs atas pencemaran nama baik kali ya? makanya maaf-maaf nih kalau nama situsnya di sensor, tapi gue yakin kok kalian pada tahu yang mana. abis itu nemu satu pengalaman dari kas*** kayak gini nih :

selain itu ada juga dari situs scamadv yang memonitor para scammer yang mungkin berniat untuk kejahatan :
Add caption
dari sini saya sedikit mulai percaya mengenai penipuan ini, dan yang lebih meyakinkan lagi setelah membuka detail dari situs tersebut ditemukan pemiliknya adalah orang australia, seperti ini :

dari beberapa keterangan ini, setidaknya gue pribadi nyimpulin kalau ini juga salah satu penipuan. yaudah, gue gak tanggepin lagi tuh instruksi-instruksi yang disuruh di email. 

tujuan berbagi pengalaman ini bukan untuk menakut-nakuti para pencari kerja online atau sampai menjelek-jelekkan situs-situs pencari kerja online, tetapi hanya untuk saling mengingatkan, waspada dan cermat dalam memilih pekerjaan, jangan cepat terpukau dan akhirnya kena tipu. kan kasian kalau yang emang beneran perusahaan atau pencari kerja secara online jadi turun pamor gara-gara segelintir penipu, terus kasian juga kan yang ngarep bisa kerja dari rumah melalui internet, yang sebenarnya emang bisa asal nyarinya di tempat yang pas, takut lagi buat kerja online dari rumahnya!


8 comments:

R said...

makasih infonya gan, harus waspada ni

pedrogondem said...

iya, harus hehehe

Sie-thi said...

Informasi yg bermanfaat tuch, biar korban penipuan bisa di minimalisir

HELLGATEWARE said...

Wah thanks gan infonya harus lebih waspada nih

Anonymous said...

Saya masih berusia !5thn tapi sudah menghasilkan uang berkat kerja keras yang saya lakukan bagi agan agan yang sudah diatas umur saya mencari pekerjaan tidak perlu repot repot hanya dengan mengisi survey dibayar 2000 dan tentunya tidak memakan waktu yang lama dan ini sudah terjamin saya sudah pernah payout beberapa kali tidak ada salahnya untuk mencoba ? jangan mudah tertipu dengan iklan iklan yang tersebar di internet sana • Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.indosurvei.com/anstsrslnd/ .
• Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.indosurvei.com/anstsrslnd/

Mg said...

gue SETUJU pake banget nih sama yang ini.. mereka2 yang udah jalanin tuh kerja online berkedok penipuan, udah tau itu SCAM masih aja dia jalanin buat nyari member (KORBAN)..

emang dikit banget yang share kalo KERJA ONLINE itu SCAM.. tolong di pikir2 lagi guys, WORK SAFE and THINK SMART.. bantu lah di share kalo emang kerja online itu bener2 SCAM bukannya kalian malah share untuk cari korban..

SCAMES ARE CRIME, HELP STOP THEM !

http://maureengiantylatumahina.blogspot.com/2014/12/kerja-online-penipuan.html

Unknown said...

Kalau mau yanaman carilah kerja nyata tanpa modal soalnya kita nyari uang saat kerja bukan nyari kerja saat cari uang.. :) Think Smart girl.. Mending gabung sama kami dari pihak Jakstun Party Organizer.. Kalau mau tau bagaimana kunjungi halaman kami di facebook dengan format Jakstun Party Organizer di bagian halaman.. :) atau info lebih lanjut di pin saya : 2780109b thanks :)

Unknown said...

Tentang materi penipuan di atas adalah benar karena saya pernah bergabung dan menurut hati nurani saya itu adalah penipuan berantai,itupun kita harus tau cara pemograman,instal2 script dan msih byk lgi..

alhamdulilah ini ada program yang benar2 bukan penipuan saya sudah membuktikannya jika ada waktu silahkan mampir ke blog saya buat liat buktinya

http://bonusfb.wordpres.com

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...