Monday 18 November 2013

sudahkah anda mendapatkan penghasilan dari "ngeblog" ?


foto bersama #sundaysharing

awalnya saya tidak percaya bahwa menulis di blog bisa menghasilkan "uang". selain karena dulu saya tidak suka menulis, saya juga berfikir bagaimana mungkin sebuah tulisan "gratisan" di internet ini bisa menghasilkan uang?

tetapi semuanya berubah ketika menghadiri #sundaysharing "how to get earning from blogging" bersama teh Ani berta. acara yang diadakan pada 17 November 2013 di kantor detik.com ini pun dihadiri oleh komunitas blogger yang berbeda-beda.


pembicara pertama yang sharing siang hari itu adalah mas Ardi, salah satu karyawan di detik inet yang membahas bagaimana cara mereview suatu produk dengan baik dan benar. pada saat mereview suatu produk, misalnya gadget, maka ada SOP yang harus kita perhatikan dan kalau bisa terstruktur secara rapi, yaitu :
  1. pendahuluan, tentang informasi secara umum perkembangan gadget serta keadaan umum produk yang akan direview.
  2. desain, bentuk fisik dari produk tersebut.
  3. fitur, berisi kelebihan-kelebihan aplikasi khusus yang dimiliki oleh produk tersebut yang mungkin tidak dimiliki oleh produk lain.
  4. performance, bagaimana kondisi "jerowan" produk tersebut, apakah sesuai dengan spesifikasi, dan bagaimana produk tersebut bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu.
  5. opini yang mereview, dalam hal ini kita memberikan pendapat pribadi, dapat berupa pujian, kritik dan saran.

Ardi
 Dalam melakukan review suatu produk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga review yang kita buat akan mudah dipahami dan diterima tanpa diikuti sindirian "pengiklan", yaitu :
  1. jangan membuat review dari suatu press release, karena dapat dipastikan press release itu menyanjung produk tersebut.
  2. pernyataan suatu harga, mahal atau murahnya, harus dibandingkan dengan hal yang setara. misalnya harga gadget vendor lokal 3 juta, itu mahal, sedangkan harga iphone 3 juta, itu murah.
  3. jangan lupa menyertakan sumber apabila mengutip pernyataan.
  4. objektif, menarik dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
  5. jangan terlalu tampil sebagai "pengiklan banget" , karena pembaca di blog akan lebih yakin mengenai produk tersebut apabila kita menulisnya sebagai suatu self experience, bukan advertorial.
  6. jangan pernah membandingkan brand yang satu dengan yang lain
kemudian pembicara kedua adalah teh Ani berta sendiri. kecintaannya pada dunia blogging ingin dibagikan kepada para blogger yang hadir semua. pada pernyataannya, Teh ani mengatakan bahwa dia juga belajar dari nol, dengan latar belakang bukan ahli IT atau ahli menulis, dan hanya seorang ibu rumah tangga dan pekerja kanotran biasa. namun, dia terinspirasi dari teman-teman blogger yang dapat menghasilkan "uang" dari aktivitas ngeblog ini. ngeblog memang tidak serta merta langsung membuat anda mendatangkan uang, namun perlu proses yang lumayan lama. sebagai gambaran, teh ani memberikan pengalaman bahwa aktivitas ngeblognya dimulai tahun 2008, namun baru bisa mendapatkan penghasilan dari blog pada tahun 2011.
Ani berta


dalam penjelasannya, perempuan tangguh yang tinggal di Pamulang ini, memaparkan bahwa begitu besar kesempatan kita untuk bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging. namun ada beberapa hal sebagai poin penting yang akan memudahkan kita dalam hal mencari penghasilan dari aktivitas ini, yaitu :
  1. usia blog minimal 3 bulan, walaupun ini bukan hal mutlak, namun sebagian besar agency yang bisa memberikan penghasilan kepada kita juga melihat sejak kapan kita memiliki blog ini.
  2. jumlah postingan 20 ke atas.
  3. terindex google, karena agency akan memilih blog yang terindex google di saat melakukan pencarian, kalau tidak terindex, bagaimana mungkin tulisan tersebut bisa dibaca oleh orang lain?
  4. menarik dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, tidak perlu harus sesuai dengan EYD.
  5. tidak ada unsur SARA dan Pornografi.
  6. terpasang google analytics, untuk melihat seberapa banyak pengunjung, darimana saja pengunjungnya dan seberapa terkenal blog tersebut.
  7. konsisten update tulisan, ini akan memperkaya konten kita dan melirik kita karena ulet di dalam menulis.
  8. melakukan blogwalking, tanpa lupa meninggalkan komentar. hal ini tentu saja agar kita mudah dikenal juga oleh blogger lain.
  9. buatlah sebuah personal branding, artinya fokus kepada tema tertentu, misalnya kuliner, otomotif, gadget, politik dan lain-lain.
  10. optimasikan SEO (search engine optimation)
  11. ikut komunitas.
sejujurnya, ilmu yang diberikan pada acara #sundaysharing ini begitu banyak, diluar ekspektasi saya, makanya saya selama sharing yang dilakukan oleh teh Ani ini sangat memperhatikan sambil menulis poin-poin penting yang perlu saya ketahui untuk mengembangkan kegiatan saya dalam ngeblog. baru kali ini saya tahu bahwa bloggers memiliki begitu banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblognya diantaranya:
  1. review produk dan jasa
  2. promosi produk baru
  3. penyelenggara Quiz dari suatu brand
  4. kampanye elektabilitas tokoh
  5. ghost writer
  6. banner afiliation
hal ini tidak heran karena blog memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan media promosi lainnya.  blog lebih dipercaya karena tulisannya lebih mengarah kepada self experience dan dengan permainan kata-kata, tulisan yang ditampilkan ketika mendapatkan job di atas dibuat tersirat, sehingga pembaca akan lebih mudah percaya daripada yang jelas-jelas dengan iklan. ketmudian ikatan emosional pun terjalin dengan pembaca, ketika pembaca meninggalkan komentar yang akan dibalas oleh pemilik blog itu sendiri. selain itu, link postingan blog bisa di share di berbagai media sosial untuk memudahkan tulisan tersebut dibaca oleh orang lain.

namun, walaupun semudah itu dalam mendapatkan pekerjaan dari aktivitas ngeblog ini, ada hal yang perlu diperhatikan di dalam kerjasama dengan agency yang memberikan pekerjaan menulis di blog ini, yaitu :
  1. pilih advertiser yang dapat dipercaya, karena ini akan menyangkut tentang sistem kompensasi yang diberikan. adapun beberapa agency yang bisa kita gunakan adalah idblognetwork.com, dariperempuan.com, freelancer.co.id, blogvertise.com, buyreview.com dan lain-lain.
  2. harus ada perjanjian (MoU) antar kedua belah pihak, agar kita mengetahui hak dan kewajiban yang dimiliki.
  3. kode etik, dalam hal ini adalah bagaimana kita menerima suatu job menulis yang tidak mengecewakan pihak lain yang sudah pernah bekerjasama dengan kita.
  4. job menulis yang diterima seharusnya sesuai dengan konten blog yang dimiliki.
acara yang diselingi oleh games seru dan tanya-jawab dengan pembicara ini pun berlangsung meriah dan santai dengan adanya mas karel yang dikenal selalu membawa aura tertawa dimanapun ia berada. tak heran, dengan games seru "bertindak" ala ani berta-nya, membuat blogger lainnya tak bisa menahan tertawanya, bahkan sampai teh ani sendiri terawanya sampai menangis.
tanya jawab session


acara sharing seperti ini memang seharusnya sering-sering dilakukan dan jangan berhenti sampai di sini saja, karena memberikan ilmu itu tidak ada ruginya bagi kita, bahkan akan menambah ilmu dan pengalam kita sendiri. salut kepada teh ani, salut kepada blogdetik.

13 comments:

RC said...

Nice sharingg pedro....:) perkenalkan saya newbie :P

Anonymous said...

Mantep bang pen..

fadlun said...

Melirik2 foto om pedro yg berhijab ria mana ya..he.,heee,wah pulang ke lombok tetap jd blogger sejati ya om.

Catcilku said...

sayang ketinggalan info :((

Haya Aliya Zaki said...

Kok ga ada foto yang games terakhir, ya? *kabooorrr

@mbak_widha said...

wah sipp meski gak ikut bisa tau rangkuman acaranya disini

pedrogondem said...

RC : tidak ada newbie atau senior di dalam blogging :) salam kenal juga

kholid : ku belajar SEO meh lek km, kanggo kan? :D

mak fadlun : tetap dan selalu blogger :D

catcilku : yg tabah ya, hahahahha

mak haya : semoga tidak ada yang upload :(

mbak widha : makasi mbak

pedrogondem said...

RC : tidak ada newbie atau senior di dalam blogging :) salam kenal juga

kholid : ku belajar SEO meh lek km, kanggo kan? :D

mak fadlun : tetap dan selalu blogger :D

catcilku : yg tabah ya, hahahahha

mak haya : semoga tidak ada yang upload :(

mbak widha : makasi mbak

pedrogondem said...

RC : tidak ada newbie atau senior di dalam blogging :) salam kenal juga

kholid : ku belajar SEO meh lek km, kanggo kan? :D

mak fadlun : tetap dan selalu blogger :D

catcilku : yg tabah ya, hahahahha

mak haya : semoga tidak ada yang upload :(

mbak widha : makasi mbak

Cincin Kawin said...

bagus sekali artikal ini sangat memabtu semua orang lebih banyak untuk menulis di blog.saya harus terus belajar kawan terima kasih artikal nya

Asri said...

Photo waktu games mana yaaa... *dikeplak* Thanks for resharing the knowledge ^_^

pedrogondem said...

cincin kawin : sama-sama, berbagi tidak ada ruginya

mbak asri : semoga deh gak diupload -_-

RiskiRingan said...

semoga ada acara spt ini lg, jadi para blogger lbh sering ketemuan lg.. :) & yg belum punya blog jadi kepengen punya blog.. :D

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...