Tuesday 14 May 2013

Perjalanan panjang itu...



Adzan magrib berkumandang. Ransel hitam yang sudah lusuh bertuliskan “Indonesia” dengan model ala tentara akhirnya terisi penuh. Laptop ditaruh di bagian yang dibatasi oleh busa. Baju batik TPL angkatan 2011, baju kaos bertuliskan “aku bangga menjadi penghafal Al-Qur’an”, celana pendek, celana hitam panjang, sarung serta Al-Qur’an, 2 buah buku masing-masing berjudul “republik #jancukers” dan “lean six sigma” siap di bagian tengah. Di bagian depan berisi charger, powerbank, kabel data dan handycam. Juga ada roti sisa aqiqahan tetangga. Dengan sepatu “menganga”, celana biru dan baju kotak-kotak, aku berangkat menuju masjid. Tentu saja itu bukan barang-barang yang dibawa sengaja hanya untuk ke masjid. 

Seusai solat, dengan cuaca yang agak gerimis, aku beranikan diri untuk berlari membawa beban seberat ini. Alhamdulillah. Metro mini 47 itu pun mendatangiku. Berselang 10 menit, aku pun meminta untuk diturunkan di sebuah halte busway bernama “pasar cempaka”. Sebenarnya, pada jam pulang kantor seperti ini bisa dipastikan busway akan penuh dan lama mengantri. Biasanya jika ingin sampai lebih cepat, naik metro mini 47 sampai ke senen, kemudian dari senen naik kopaja 20 sampai ke terminal lebak bulus. Mungkin karena ingin melanjutkan bacaan buku “republik #jancukers” karya sudjiwo tedjo itu secara lebih nyaman, makanya memilih untuk memakai busway.
Dari halte busway pasar cempaka ke lebak bulus harus transit di halte harmoni. Pada jarak normal biasanya dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam, namun malam itu seramai seperti biasanya. Tidak heran aku harus menempuh sampai 3 jam setengah. Namun, hal itu tidak terasa karena aku ditemani buku “republik #jancukers” itu. Buku yang berisi sindiran secara halus dan lucu terhadap negara Indonesia ini, cukup nyaman dan menarik untuk dibaca.

“35. NGANTUK.
Pantesan ada begitu banyak rambu tentang larangan nyetir saar mengantuk. Bayangkan dari mata 5 watt itu parangtritis bisa terbaca paranghitis lho. Lha, kalau nyangkanya layang-layang putus padahal itu Cuma gambar layang-layang di pantat truk gimana?”
Setidaknya itulah yang terakhir aku baca sebelum busway sudah sampai di terminal lebak pulus. Waktu menunjukkan pukul 21.20 WIB. Aku yang lapar memutuskan untuk makan dulu, walaupun belum solat isya. Karena nanti dalam perjalanan Jakarta-Solo yang menempuh waktu sekitar 12 jam itu, panitia hanya menyediakan snack ringan dan air minum.
Ketika hendak bersalaman dengan salah satu teman blogger, yang kebetulan aku kenal ketika acara srikandi blogger 2013 di kemendiknas itu, tiba-tiba dia kaget. “siapa ya?”, “aku loh, yang di srikandi blogger kemarin”. Lama berfikir dia terkejut sambil bilang “ohhh iya, aku baru sadar. Gak jelas sih wajahnya”. Agak kecewa juga sih, padahal ketika acara itu aku bersama teman-teman dari blogger lainnya hampir setengah harian akrab seperti teman biasa, sekarang bahkan sama sekali tidak ditanda. Yang paling aku khawatirkan pada saat itu adalah ketika aku dikira peserta illegal diantara 32 blogger sejabodetabek lainnya. Tapi, bukan blogger namanya jika tidak bisa membangun rasa keakraban di saat pertama bertemu. 

Kami pun naik bus, karena waktu sudah menunjukkan pukul 22.00. “ayo absen dulu” suara salah seorang blogger berbada besar yang belakangan ini ku kenal bernama bang komarudin. Blogger bekasi yang sangat perhatian terhadap peninggalan sejarah dan budaya ini pun menyebut kami satu persatu. 2 orang belum hadir, baru sampai pondok Indah. Sekitar 15 menit akan sampai dan kami harus menunggunya. Babeh helmi, itulah sebutan pria kurus setengah baya yang memiliki kepala plontos yang terlambat itu. Satunya lagi maria, wanita pekerja swasta itu juga terlambat karena kantornya jauh dari tempat berkumpul. Akhirnya kami pun berangkat ketika waktu menunjukkan pukul 22.21. 

Bus “GAJAH MUNGKUR” yang kami naiki terdiri atas 35 seat kursi, dengan toilet, AC, serta selimut yang tebal. Aku dapat duduk bersama mbak maria. Atau mbak marialah yang dapat duduk bersama ku. Entahlah, ini jelas bukan karena aku mewakili komunitas dariperempuan.com, walaupun faktanya kami adalah dua-duanya peserta yang duduk berdekatan laki-laki dan perempuan. "tenang brother, aku percaya kok sama kamu” kata-kata mbak maria itu tentu saja aku tanggapi biasa saja karena aku memang tidak akan berbuat yang tidak-tidak. 


4 comments:

charity white said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Mohammad Ismali said...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

"ISKANDAR LENDERS" said...

Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»
(onebillionrisingfund@gmail.com)
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...