Dermaga labuhan haji, antara zenith dan nadir

well, sahabat fenta, kali ini saya mau posting masalah perkembangan kampung halaman yang berada nun jauh di sana. Dermaga Labuhan Haji. warga Lombok Timur mana yang tidak tahu Labuhan Haji? pantai yang dahulunya hanyalah sebuah pantai natural yang dibiarkan begitu saja, sekarang sudah menjadi sebuah dermaga yang perkembangannya turun-naik dari titik nadir ke zenithnya. pantai yang disulap menjadi sebuah dermaga bagi persinggahan kapal ini belum rampung juga sejak dibangun infrastrukutrnya sekitar sejak tahun 2004.

walaupun sempat mandek, tetapi ada kabar baik nih dari pemerintah kita. yaps...Pemkab Lotim Siapkan Rp 2,4 Miliar untuk Penataan Labuhan Haji. itulah yang diberitakan dalam koran suara NTB edisi 12 maret 2012. Mulai tahun 2012 ini, pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan melakukan penataan kawasan Labuhan Haji. Tak tanggung-tanggung dengan nilai fantastis seperti yang disebutkan diatas, 2,4 Miliar. saat ini Labuhan Haji terlihat sangat kumuh. Guna mendukung program Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 karena Labuhan haji sebagai andalan Kabupaten Lotim sebagai tempat yang kerap dikunjungi wisatawan, tampilan lingkungan labuhan haji ini dipoles sebaik-baiknya.

Seperti diketahui, program Gubernur NTB VLS 2012 ini akan menghadirkan satu juta kunjungan wisatawan. Dengan penataan Labuhan Haji dari kekumuhan ke depan bisa merubah penambilan Labuhan Haji ke arah yang lebih baik. Penataan dilakukan adalah dengan memperhatikan aspek kebersihan kawasan Labuhan Haji. Karenanya, masuk dalam master plan penataan adalah kawasan Darmaga Pelabuhan Labuhan Haji yang diketahui saat ini masih mangkrak karena belum ada yang memanfaatkan secara optimal. “Kita ingin menata agar lebih asri dan lebih bersih,” Demikian Kepala Kebersihan dan Tata Kota, M. Said Ildan.

Pemkab Lotim di bawah komando Kantor Kebersihan dan Tata Kota ini akan membangun taman di sepanjang jalan kawasan lingkungan Labuhan Haji. “Kita melakukan tamanisasi karena kita lihat sekarang kumuh,” imbuh Said Ildan. Rencana lainnya terhadap Labuhan Haji terungkap dalam Musyawarah Perencanan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lotim beberapa waktu lalu. Disampaikan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, Ir. A. Mackhul, Labuhan Haji akan dijadikan kawasan wisata bahari. Pemerintah provinsi akan turut ambil bagian dalam proses penataan Labuhan Haji menutu kawasan wisata bahari yang indah. 

Sebelumnya, PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) juga telah mengalokasikan anggaran untuk turut mewujudkan Labuhan Haji sebagai kawasan wisata bahari. Direncanakan di Labuhan Haji ini akan dibangun water boom. Dengan penataan ini, Pantai Labuhan Haji yang dikenal dengan keganasan abrasi pantainya ini bisa menambah daya tarik bagi setiap pengunjung. Mengatasi abrasi pantai, pemerintah pusat telah menganggarkan Rp 10,7 miliar untuk perbaikannya.
Kita melakukan tamanisasi karena kita lihat sekarang kumuh
quote yang luar biasa bukan? kita tunggu aja implementasinya...semoga apa yang diharapkan itu bisa terwujud, amin.

Comments
2 Comments

2 comments:

semoga tenaga & pikiran kami tidak sia_sia

aminnn...mas kontraktornya?

chat box

Google+ Badge