Tuesday 6 January 2015

seragam PNS pertama

dinas ESDM, perindustrian dan perdagangan kabupaten Lombok Timur nampak cerah pagi hari ini. padahal seisi lombok timur kayaknya emang cerah :v

pagi ini sebenernya hari ketiga gue masuk kantor. sebagai tenaga kontrak dari salah satu kementerian di negeri ini, gue mulai menjalani kehidupan layaknya orang kantor kayak biasa. masuk jam 7 pagi, apel, duduk, makan-makan, nonton tv, mendengarkan curhat ibu-ibu yang anaknya sedang bermasalah di sekolah, serta yang paling pasti dilakukan sama PNS-PNS di seluruh Indonesia, menggunakan seragam.


hari pertama gue masuk, masih pake kemeja biasa, maklum gue kan kagak tahu di kantor itu bakalan ngapa-ngapain. berhubung waktu itu juga hari jumat, dimana orang-orang kantor biasanya pakai pakaian bebas - olahraga, jadi gue kagak merasa salah kostum dan gue bahagia *amaaaaaannn

hari kedua gue masuk, masih pake kemeja biasa. sedangkan orang-orang pake kostum PDH (pakaian dinas harian) atau orang-orang sini bilangnya pakaian depdagri soalnya ada tulisan departemen dalam negeri di sebelah kanan lengannya, udah kayak pangkat TNI/POLRI aja yah...udah gitu gue mesti apel jam 7 lebih 10 menit. dari semua orang, cuma gue yang pakaiannya kagak pake PDH/depdagri. mampus gue. pengen banget bolos apel, eh entar dikejar gue sama guru BK, masuk BK dapet surat pemecatan, kagak jadi kerja, kagak jadi nikah, kagak punya anak, terus yang doain gue buat masuk surga siapa? -_-

"fen, baju dinasnya mana?" kata kepala bidang selepas gue salamin
"maaf pak, saya gak punya baju gituan. saya juga gak tahu kalo hari senin pake baju gituan"
"ohhh, kita pake baju ini senin-rabu, kamisnya bebas, jumat olahraga, sabtu pake baju hansip"
*hansip? emang mau ngeronda pak?
"maaf sekali pak, saya baru tahu ini" mampus gue
"ya gak apa2, maklum baru2 juga di sini, nanti kalo butuh, ke rumah aja, nanti saya kasi baju2 nya"
*sekalian ongkosin umroh bisa pak?
"terima kasih banyak pak" jawab gue sambil nunduk ke arah atas *toeng

mungkin buat lo yang baca ini teguran, tapi buat gue ini berkah. ya berkahlah, dikasi baju dines gratis :v
siapa lagi yang bakalan ngasi gue baju gratisan gini? tapi gue sebagai orang baru juga masih punya kemaluan *pasti donk! jadi sebelum gue minta secara ikhlas *kagak pake paksaan tong!, gue cari dulu, baju-baju dines di keluarga gue yang udah lama jadi PNS.

gue ke kakak, bajunya cuma 1. gue ke paman-paman, bajunya kekecilan. badan gue yang gede apa emang baju mereka yang kekecilan ya -_- akhirnya gue bapak. dan yaaa...tetep aja celananya kekecilan. bapak gue kurus tinggi *mirip seorang presiden, sedangkan gue? aahhh sudahlah...

kagak heran, pinggang kekecilan, kain celana kepanjangan, baju kegedean.  okelah, biar gue lebih merasa menghormati "teguran berkah" pak kabid. akhirnya seragam PNS pertama gue pun terpakai.

*jreeeeeeng
jam 7 pagi gue melangkah dengan sepeda motor vega ZR berwarna merah ke kantor dinas *sebutan gue buat dinas ESDM Perindag lotmbok timur, yang terletak di dekat taman kota selong, sekitar 200 m dari rumah gue yang sebenernya bukan rumah gue. *ini kita bahas nanti aja

dengan gagahnya gue melangkah keluar ruangan perindustrian ke lapangan buat apel biasa setelah bel berbunyi. eh bukan bel, pake lonceng, jadi keinget gue sama zaman SD pas masih pake lonceng aje...ckckck

beberapa orang yang sudah pernah ngeliat gue 2 hari kemarin rada-rada gimana gitu. bingung iya, kaget mungkin iya, heran juga kayaknya. baju yang gombrong, celana kepanjangan, dan yang paling gue rasain nih celana kayak mencet perut gue -_- tapi yasudahlah, yang penting sudah ikut aturan :v

entah ada hidayah apa, di ruangan kantor gue langsung ada bersih-bersih, tata meja dan kursi serta beres-beres arsip lama. lah, baju PNS pertama gue *padahal gue bukan PNS, kan langsung kotor -_- padahal pengennya kan bersih, baju baru langsung penuh debu, ooohhhh aku senduuuu *nyanyi sambil kumur jengkol

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...