Monday 17 March 2014

kenalin, gue NARKOBA


            Mungkin kalian sudah pada tahu kalo narkoba itu singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya yang mengacu pada senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Namun, pernahkah kalian pada mikir Kapankah pertama kalinya kalian semua berkenalan dengan “NARKOBA” itu?

            Gue yakin, kalian semua sudah kenalan sama rokok, narkoba paling legal, sejak baru lahir, kecuali kalian tinggalnya di keluarga yang tidak merokok sama sekali. Cuma, yang gue maksud narkoba di sini selain rokok tuh sendiri. Perkenalan dengan narkoba gak harus selalu sebagai pemakainya apalagi jadi pengedarnya. Gue orang yang anti narkoba, tapi mesti kenal yang namanya “NARKOBA”, biar bisa ngehindarinnya.


            Gue pertama kali dikenalin narkoba ama pak polisi. Ya, polisi. 7 tahun yang lalu, pas kelas 2 SMP (ternyata sekarang gue udah tua ya -_- ) dan gue yakin, pak polisi ngenalin gue ama barang haram supaya gak kenalan sendiri :D

            Waktu itu, ada program dari kepolisian, namanya PKS. Bukan nama partai ya, tapi Patroli keamanan sekolah. Program dari kepolisian resort Lombok timur itu selama 5 hari. Pesertanya sih campur ya, dari anak SMP sama anak SMA. Kebetulan pesertanya Cuma sedikit dari perwakilan tiap sekolah, dan eng ing eeeng… gue salah satunya *berasa anak berprestasi

            Sebenarnya sih hal utama yang diajarin di sana itu kebanyakan peraturan tentang lalu lintas, PBB (baris-berbaris gitu) sama kepemimpinan. Cuma di hari keempat kalo gak salah (pikun gue) ada khusus materi tentang narkoba. Nah, di situlah pak polisinya sosialisasi tentang narkoba dan bahaya-bahaya yang ditimbulkannya. Di situ juga gue pertama kali denger yang namanya badan narkotika nasional (BNN). Dulu, narkoba itu masih tabu untuk dibicarakan, bahkan gue baru tahu ada yang narkoba di situ.

            Pada saat itu, pak polisinya ngasitau kalo narkoba itu :
“terdiri dari 3 kata, NAR, ko dan ba. Nar artinya neraka, makanya siapapun yang pake bakalan masuk neraka. Ko artinya psikotropika yang menyebabkan pemakainya bakalan hilang kontrol. Dan ba, kepanjangan dari bahan adiktif yang menyebabkan pemakainya kecanduan atau ketergantungan”

            Gileee bener tuh polisi udah maen langsung tahu aja kalau yang pake narkoba bakalan masuk neraka :D awalnya sih gue percaya aja, secara gitu, abis pake narkoba kan jadi lupa sama Tuhan. Efeknya jadi kagak solat, kagak puasa, ngelawan orang tua, kagak sekolah. Jadi, wajar aja kalau yang pake nanti masuk neraka. Cuma setelah gue analisis pas udah gede gini *gede ya bukan tua -_- , gue sadar kenapa waktu itu pak polisi bilang kalau pengguna narkoba itu bakalan masuk neraka. Mungkin waktu itu, mereka pengen generasi pemuda di Lombok timur jangan pake narkoba. Jangan mendekatinya, walaupun hanya sedikit. Dengan iming-iming masuk neraka, kan kagak ada yang mau ya? Emang sih, efektif pada saat itu soalnya yang dikasitau masih “anak-anak”, Cuma buat orang yang udah dewasa, pastinya cara jelasin narkoba gak kayak gitu ya.  Nanti kalo orang-orang pada nanya, “darimana tahu yang pake narkoba pasti masuk neraka? Emangnya pak polisi Tuhan?” Hohoho…tapi memang jika ditelaah lebih dalam dari aspek agama, orang yang pake narkoba masuk dalam golongan orang yang berdosa loh. Kok bisa? Emang ada di dalam Al-Qur’an atau hadis gitu “diharamkan bagimu narkoba” ? emang gak ada sih, tapi jika yang lebih lemah saja diharamkan apalagi yang lebih kuat pengaruhnya. Jika minuman keras aja yang kalau minum sebotol atau dua botol baru bisa teler, apalagi narkoba yang Cuma “sesuntik” udah buat terkapar. Jadi bisa dikatakan *menurut gue, yang pake narkoba itu imannya lebih rendah daripada yang gak pake narkoba.

            Psikotropika, kata pak polisi dulu itu barang-barang berbahaya yang kalo dipake bisa buat orang teler, bisa buat orang gak sadar diri, ngerasa jagoan dan berani ngapa-ngapain. Dulu sih wajar juga pak polisi bilang gitu ama kita, daripada dia jelasin psikotropika itu zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia suatu senyawa yang mengasilkan metil dioksi metamfetamin atau Metamfetamin, kan kita gak ngerti. Masih mending kali yang SMA udah melajarin tuh struktur kimianya, lah kita yang SMP mana tahu gitu-gituan. Waktu itu, pak polisinya Cuma ngasi contoh ekstasi dan sabu-sabu doank.

“ekstasi dan sabu-sabu itu berbahaya sekali buat adek-adek semua. Bisa bikin adek hilang akal berbuat diluar kesadaran, bisa bikin adek jadi orang gila, bisa bikin adek depresi (istilah galau belum trend pada waktu itu jiahahahha) dan yang paling berbahaya itu bisa sampe buat adek meninggal” wah wah wah…segitunya ya. Baru sekarang gue “ngeh” sama perkataan pak polisi 7 tahun silam ini. Seandainya gue pake narkoba, gue bakalan hilang akal terus bertindak diluar kesadaran, pacar yang lagi baik-baik ngasi kado Samsung galaxy s5 pas gue ultah, gue tampolin aja dusbuk hp nya. Belum selese gue tampolin, gue pecut pake chargerannya, ditambah ama gue lempar pake battrenya. Itu udah masuk taraf Gila banget gan? Yang namanya kagak sadar kan semuanya bisa dilakuin yah, abis itu gue galau… *nah sekarang pemakaian kata galau lebih tepat. Menyendiri, sedih, meratapi kegilaan gue, depresi abis depresi gue tiba-tiba mati. Udah mati, langsung masuk neraka lagi. Lah? Siapa mau yang kayak gini ya?

            “dan yang terakhir adalah ba, kepanjangan dari bahan adiktif. Adek-adek pasti tahu rokok kan? Rokok itu adalah salah satu contoh bahan adiktif yang sangat berbahaya bagi adek-adek. Sekali ngerokok, adek-adek gak bakalan bisa berhenti. Uang jajan adek-adek akan habis Cuma buat beli rokok.” Yah, emang sih gue percaya yang satu ini. Kalau yang namanya ngerokok emang sulit buat dihentikan. Walaupun orang tahu ngerokok itu bahaya banget, sampe-sampe sekarang peringatan yang “merokok menyebabkan gangguan pernafasan dan bla bla bla…” diganti menjadi “merokok membunuhmu!” orang tetep aja ngerokok. Kenapa? Karena yang namanya kecanduan rokok itu sulit sekali untuk berhenti. Percaya deh, duit buat beli rokok pasti lebih banyak daripada duit beli pulsa dan paket internet. Makanya, biar bisa download banyak, mendingan jangan ngerokok, pake beli pulsa dan paket internet aja. Atau tabung buat naik hajiin emak, kan jadi keren :D selain rokok, yang perlu kalian tahu soal bahan adiktif juga ada cafein dalam kopi dan alkohol. Jadi jangan deketin ketiga-ketiganya ya hehehe…

            Setelah sosialisasi itu kita sebagai pesertanya dikasi mandate buat nyebarin informasi yang bener ke temen-temen sekolah ama tetangga-tetangga di rumah. Kata pak polisinya, semakin banyak yang kita kasitahu, semakin banyak yang kita selamatkan dari bahaya narkoba. Semakin banyak yang kita selamatkan maka semakin banyak pahala yang kita dapatkan, kata pak ustadz :D semakin banyak pahal yang kita dapatkan, semakin besar kesempatan untuk masuk surge :D siapa mau masuk surga? *angkat tangan pertama!

            Prevalensi penyalahgunaan narkoba pada tahun 2011 sekitar 3,8 – 4 juta jiwa Bahkan diprediksi pada tahun 2015 mencapai 5,1 juta dan 22% nya adalah kalangan pelajar. Tidak heran jika kepolisian dan badan narkotika nasional gencar-gencarnya mensosialisasikan bahaya narkoba sejak dini, karena masa depan bangsa ada di tangan para pemuda ini. Kebayang gak pelajar Indonesia di masa depan menjadi konsumen narkoba? Kebayang gak kalau pelajar Indonesia di masa depan nanti udah biasa pake narkoba?

            Sekarang gue semakin sadar bahwa narkobaan itu bener-bener pilihan hidiup yang salah. Walaupun gak pernah pake narkoba, tapi perkenalan gue dengan narkoba sejak kelas 2 SMP sampe sekarang bener-bener membuat gue yakin buat gak mau deket-deket barang haram itu. Masih banyak prestasi yang bisa kita buat sebagai pelajar, baik kalian siswa ataupun mahasiswa. Dan menggunakan narkoba adalah BUKAN salah satunya.

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...