Friday 6 December 2013

9 keanehan planet Mars

keanehan planet mars
planet mars (google image)

Mars memang menarik. bukan hanya karena berada paling dekat dengan Bumi, namun hasil penelitian dan spekulasi di dunia maya juga membuatnya menjadi objek perbincangan yang tiada habisnya. Pertama kali Mars diobservasi adalah pada abad ke-17. Dan baru 2 abad kemudian, para astronomer mengetahui adanya kemiripan antara Mars dan Bumi. Contoh, panjang 1 hari di Mars hampir sama dengan di Bumi, yang artinya Mars mengalami musim-musim seperti yang ada di bumi. Perkiraan ini memunculkan teori adanya sebuah bentuk kehidupan di Mars.
beberapa tahun yang lalu, ketika saya mengambil jurusan geografi (walaupun sekarang pindah jurusan ke manajemen industri), mata kuliah astronomi yang dibawakan oleh pak sukirno, juga menyinggung tentang beberapa fenomena Aneh di planet yang masuk dalam kategori planet dalam tersebut. apa sajakah itu?

1. adanya kanal misterius yang merujuk pada alur sebuah sungai

perhatikan gambar di atas. tampak sebuah jalur seperti sungai, yang sepertinya diakibatkan oleh erosi air. seandainya benar itu adalah kanal air, maka dimana ada air, di situ pasti ada kehidupan. pada tahun 1906, Seorang yang bernama Percival Lowell menerbitkan sebuah buku berjudul Mars, yang diikuti sequelnya Mars and its canals. Dalam bukunya ia berspekulasi bahwa kanal-kanal tersebut dibangun oleh peradaban yang telah lama musnah. Ide ini juga menginspirasi HG Wells untuk menulis cerita tentang Invasi alien dari Mars ke bumi dalam buku The War of the Worlds.
Beberapa wahana ruang angkasa telah dikirim untuk meneliti planet Mars, diantaranya Mariner 4, Viking dan Opportunity. Viking menemukan peningkatan kadar CO2 pada tanah Mars. Karena itu Gilbert Levin, seorang ilmuwan menyimpulkan adanya kehidupan di Mars. penemuan terbaru pada tahun 2000 menemukan unsur hematite pada permukaan Mars yang mengindikasikan adanya air di masa lampau. Yang lebih mengejutkan juga ditemukan adanya selokan-selokan pada permukaannya. Pada tahun 2004, NASA mengumumkan bahwa pada masa lampau Mars adalah sebuah planet basah. Penyelidikin lanjutan pada tahun 2006 juga mengkonfirmasi adanya penemuan selokan-selokan air tersebut.
Pada Desember 2006, Mars Global Surveyor menemukan adanya pergeseran bentuk sedimen dan celah pada permukaan Mars. Para ilmuwan menyimpulkan pergeseran itu terjadi akibat aliran air, yang berarti pada permukaan Mars saat ini masih terdapat air dalam bentuk aslinya. Misi Mars terbaru adalah Phoenix Lander yang diluncurkan pada 25 Mei 2008. Phoenix juga menemukan adanya kandungan air pada bebatuan Mars.
Sedangkan ilmuwan lainnya segera membantah dengan menyebutkan bahwa bahwa bahan kimia superoxidant pada tanah bisa saja terjadi tanpa campur tangan kehidupan. Lagipula, 4 miliar tahun yang lalu, Mars telah kehilangan medan magnetnya sehingga Ionosfer Mars tidak bisa mencegah terjadinya badai matahari atau radiasi yang menyebabkan bentuk kehidupan menjadi mustahil untuk bertahan. selain itu, dosen geografi yang saya maksudkan di atas, pak sukirno, juga menjelaskan bahwa itu bukanlah kanal air atau sungai, melainkan hanya formasi tanah atau batuan yang kebetulan terbentuk menyerupai kanal karena erosi dari angin dan badai.

2. wajah misterius di permukaan mars
sebenarnya penemuan ini sudah lama sekali dan sempat menjadi perbincangan hangat dalam waktu yang lumayan lama di dunia modern. perdebatan antara penjelasan ilmiah dengan kepercayaan tertentu membuat spekulasi-spekulasi yang tidak sedikit. Sejak foto tersebut muncul untuk pertama kalinya, maka spekulasi tentang adanya extra terestrial di Mars kembali muncul.



3. monumen kolosal di permukaan Mars
monumen ini seperti bentukan-bentukan tertentu yang menyerupai hewan dan tengkorak manusia yang dilihat dari langit mars. penemuan ini ditemukan setelah wajah misterius di atas ditemukan.  




Foto dibawah ini sebenarnya adalah foto yang sama dengan lokasi penemuan tengkorak raksasa dan ukiran hewan diatas. Namun pada foto kali ini, yang diambil pada situs NASA menunjukkan adanya manipulasi foto yang halus. Tengkorak dan ukiran hewan telah dihilangkan. Para peneliti UFO percaya pemerintah/NASA telah menghapusnya.
4. tengkorak manusia di Mars
penemuan ini bahkan menjadikan mars semakin dipercaya menjadi tempat yang telah dihuni oleh makhluk terrestrial atau alien. tentu saja, tidak semua orang akan percaya penemuan ini karena ada banyak teori yang bisa menjelaskan kenapa bisa ada tengkorak, atau benda yang mirip tengkorak manusia ini di planet mars. misalnya bentukan tersebut memang terbentuk secara tidak sengaja karena angin serta atmosfer yang ada di mars.



5. tengkorak hewan di mars
tengkorak yang sebenarnya hanya sebagian tubuhnya saja ini memang mirip sekali dengan tengkorak hewan di bumi seperti makhluk berkaki empat, mungkin babi, kuda, keledai, atau sebagainya. 


6. patung manusia di mars
entah ini adalah rekayasa, kebetulan atau memang merupakan patung manusia sebenarnya, tetapi yang jelas penemuan patung ini membuat daftar keanehan di mars semakin menjadi-jadi. bahkan sebagian orang percaya bahwa itu dibuat oleh nenek moyang manusia pada zaman dahulu.




Apabila patung tersebut dilihat dari sisi sebaliknya, maka posisi patung tersebut persis seperti huruf Hieroglyph Mesir yang berarti "Ibu dan Anak" (lihat gambar dibawah)

 
7. gua misterius di mars

Gambar yang diambil NASA ini menunjukkan adanya sebuah gua seperti pintu yang misterius pada dasar sebuah formasi bukit di Mars. Orang yang pertama mengidentifikasi pintu tersebut bukanlah ilmuwan NASA melainkan seorang pembaca web Cnews dari Rusia bernama Alexander Novgorodov. Ia melihat sebuah struktur seperti buatan manusia di kaki bukit. Gambar ini diambil oleh pesawat Reconnaissance Orbiter.Para peneliti mengemukakan kemungkinan bahwa pintu tersebut adalah sebuah hasil dari erosi iklim. Namun tetap saja pintu itu menjadi perbincangan hangat mengingat bentuknya yang unik.

8. penemuan kayu di mars
hal yang lebih menggemparkan lagi ketika sebuah foto yang menunjukkan potongan kayu di hamparan daratan mars. benarkah itu kayu?  Segera dunia internet menjadi ramai dengan perbincangan dan teori konspirasi. Sebuah situs bernama TheCrit.com bahkan mengatakan bahwa NASA pernah menyatakan bahwa Mars adalah sebuah dunia gurun yang memiliki hutan lebat. Dan itu tidak pernah dibuka kepada publik.

Para peneliti yang skeptis menyatakan bahwa gambar kayu tersebut kemungkinan didapat dari hasil pareidolia - sebuah stimulus acak yang dipersepsikan memiliki signifikasi bentuk. Seperti awan yang kadang terlihat memiliki bentuk tertentu.
9. formasi batuan lainnya yang berbeda dengan objek disekitarnya
Objek aneh di bawah ini pertama kali diidentifikasi oleh Salvatore Valentin Carta dari Argentina. Benda ini jelas menunjukkan perbedaan yang sangat mencolok dalam bentuknya dengan benda-benda lain di sekitarnya. Jelas objek di bawah ini adalah sebuah anomali. (xfile-enigma.blogspot.com)

sekarang, anda menjadi yang mana? percaya adanya kehidupan di mars? atau yang skeptis? :)

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...