Tuesday 3 December 2013

5 tips memilih sepeda motor baru

kemacetan hampir menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar kota yang ada di Indonesia belakangan ini. tak heran jika pemerintah mengarahkan masyarakat untuk lebih memanfaatkan transportasi massal, seperti angkot, busway, kereta maupun bus untuk menjadi transportasi sehari-hari, yang katanya jauh lebih murah daripada menggunakan kendaraan pribadi.


jika dilihat dari segi ongkos, memang transportasi umum seperti itu lebih murah daripada menggunakan kendaraan pribadi. namun dari segi kenyamanan dan keamanaan, tentu harus dipikirkan lagi. maraknya pemalakan oleh preman, pencopetan, pengemis yang lalu lalang, sopir yang ugal-ugalan, antrian yang panjang, desak-desakan serta ancaman keterlambatan menjadikan masyarakat berpikir 2 kali untuk menggunakan transportasi massal seperti itu, sehingga lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

pilih mobil atau sepeda motor?
terkadang pertanyaan ini tidak akan ada habis-habisnya untuk diperdebatkan. namun yakinlah, mobil atau motor sebenarnya tidak bisa dibandingkan pada satu perbandingan yang sama, karena pada dasarnya konsep penggunaannya berbeda.
mobil digunakan untuk mengangkut penumpang yang lebih banyak, dengan tingkat kenyamanan yang lebih pada aspek "cuaca", namun boros bahan bakar dan tentu saja menjadi ancaman macet di jalanan. selain itu, biaya perawatan dan pemeliharaan untuk mobil jauh lebih mahal daripada dengan sepeda motor. begitu juga sebaliknya, sepeda motor digunakan untuk mengangkut penumpang yang lebih sedikit, maksimal 2. tingkat kenyamanan untuk aspek "cuaca" memang kurang, karena tidak ditutupi dari segala sisi seperti mobil, namun sepeda motor lebih irit bahan bakar dan tentu saja advance di dalam berkendara yang menjadikannya salah satu alternatif kendaraan "anti kemacetan". selain itu, biaya pemeliharaannya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil.
jadi sudah sangat jelas kan perbedaannya? untuk memilih mana yang lebih tepat, tingkat melihat dari sisi ekonomi dan kebutuhan anda masing-masing.

dalam hal ini, anggaplah anda adalah orang yang lebih memilih sepeda motor daripada mobil, maka ada beberapa tips yang mungkin akan membantu Anda dalam mencari pilihan yang tepat bagi Anda :
  1. tentukan pilihan sesuai dengan kata hati dan kebutuhan. tentu saja ini akan menjadi salah satu dasar anda untuk memilih sepeda motor impian anda, jangan hanya untuk sekedar pamer. biasanya orang akan memilih sepeda motor yang relatif murah, dengan desain yang bagus tetapi tetap irit bahan bakar. sesuaikan juga dengan kondisi keuangan yang anda miliki.
  2. carilah informasi mengenai fitur dan spesifikasi sepeda motor tersebut terlebih dahulu. hal ini untuk menghindari kekecawaan setelah membeli sepeda motor karena tidak sesuai dengan fitur dan spesifikasi yang diharapkan. anda bisa mencarinya melalui brosur, iklan, pameran, teman,  blog atau website resmi produk tersebut. misalnya, anda adalah laki-laki yang suka menggunakan motor sport dengan fitur yang canggih dan advance namun tetap irit, maka anda bisa menyesuaikan dengan produk-produk yang ada saat ini, salah satunya adalah honda CB150R Streetfire yang baru-baru ini dikeluarkan.
  3. biasakan untuk membeli di dealer resmi untuk menghindari produk sepeda motor yang palsu atau tiruan. hal ini akan menambah jaminan keamanan anda di dalam bertransaksi. selain itu, dealer resmi juga akan melayani penjualan dan pelayanan konsumen yang lebih baik. selain itu, kita juga bisa melakukan pengujian secara langsung, dengan test drive, untuk lebih memantapkan hati di dalam memilih produk yang dimaksud.
  4. jangan lupa untuk menanyakan garansi atau pelayanan pasca pembelian. tentu saja ini yang menjadi daya tarik suatu produk, sehingga mudah dan cepat di dalam melakukan klaim atau service setelah melakukan pembelian, sehingga anda tidak perlu khawatir akan sepeda motor tersebut.
  5. perhatikan jumlah bengkel resmi serta spare part yang disediakan disekitar tempat anda berada. hal ini juga untuk mempermudah pelayanan dan penggantian spare part atau perbaikan jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba.

No comments:

Hokben Bontang Akhirnya Buka!

Beberapa bulan yang lalu pas masih tinggal di Bontang pernah bikin survey di sosial media: "Apa yang belum ada di Bontang yang kalian h...